Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

Terlalu Murah Ditukar Sembako

185
0
Ilustrasi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat (Jabar) gencar melakukan sosialisasi di kalangan pemilih pemula. Penekanannya adalah pentingnya menggunakan hak suara dan bahaya politik uang.

Komisioner KPU Jabar Nina Yuningsih menegaskan, pemilih pemula harus menolak jika hak suaranya ditukar dengan apapun untuk memilih salah satu pasangan calon. Pemilih pemula yang cerdas tidak mudah terpengaruh perilaku curang seperti poltik uang dan kampanye hitam.

”Suaranya jangan mau ditukar dengan sembako. Karena uang itu terlalu rendah. Bahkan merendahkan proses demokrasi itu sendiri. Terlalu murah kalau suara generasi milenial ditebus selembar uang. Pemilih cerdas itu menentukan pilihan berdasarkan mata hati,” kata Nina usai sosialisasi kepada pemilih pemula di Aula Dinas Pendidikan Jabar, Jalan Radjiman, Kota Bandung minggu lalu.

Bentuk politik uang sendiri bermacam-macam. Mulai dari pemberian uang, barang dan jasa. Aksi tersebut cukup berdampak pada pembangunan sebuah daerah. Tak terkecuali di Jabar. ”Kalau pilihan tersebut didapat dari jual beli atau sogokan, maka Jabar akan seperti apa?” tukas Nina.

Dalam sosialisasi, KPU Jabar sekaligus memberikan arahan tentang cara memilih pasangan calon yang baik. Antara lain dengan mengenali pasangan calon dari visi misinya.

”Mumpung mereka sebagai pengalaman pertama menyalurkan hak politiknya, ini fondasi awal kami memberikan pengetahuan dan pemahaman yang benar,” tutur Nina. (ona/jpc)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.