Ternak Ayam dengan Sistem Kandang Closed House Lebih Menguntungkan

481
0

MANTAN Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Ciamis yang kini Camat Cidolog H Otong Bustomi mengatakan, para peternak harus mulai membuka mata untuk menerapkan sistem kandang closed house.

Karena, selain efisien juga bisa lebih menguntungkan dibandingkan sistem tradisional.

Baca juga : Ular Piton Raksasa Berkeliaran ke Pemukiman, Warga Kubangpari Pamarican Ciamis Resah, Petugas Terus Cari..

“Kalau para peternak tradisional yang masih menggunakan kandang open house (bambu dan pemanas biasa) tanpa melakukan revitalisasi atau modifikasi kandang dan tidak mengikuti seperti  closed house mereka tetap akan tertinggal dan kalah daya siangnya,” ujarnya kepada Radar, Kamis (6/2).

Jelas dia, sistem kandang closed house sudah menggunakan teknologi yang lebih baik dibandingkan konvensional.

Sistem tersebut sudah bisa mengatur suhu ruangan, sehingga kondisi ayam di dalam kandang bisa tetap nyaman. “Ketika itu diterapkan akan terjadi efisiensi,” katanya.

Saran Totong, apabila ada yang terkendala permodalan dalam merevitalisasi kandang ayamnya bisa menggunakan cara yang sederhana dengan manfaat sama. Salah satunya bisa menggunakan layar atau terpal untuk menutupi kandang.

Kemudian, peternak perlu membeli blower dua unit yang harganya sekitar Rp 10 juta. “Jadi hitung-hitungannya peternak hanya perlu mengeluarkan modal lagi sekitar Rp 30 juta untuk memodifikasi kandangnya menjadi seperti sistem closed house,” ujarnya, menjelaskan.

Maka dari itu, lanjut dia, para peternak ini disarankan untuk mulai terbuka dalam mengembangkan peternakannya ke arah yang lebih modern. Sehingga bisa semakin memajukan dan mengembangkan peternakannya.

Baca juga : Di Ciamis, Tersisa 160 Peternak Ayam Telur, Ratusan Lainnya Bangkrut

“Karena sistem ini juga tidak mengurangi jumlah pekerja dan jumlah kematian ayam pun akan berkurang, panen bisa lebih cepat dan manfaat lainnya,” katanya.

Lanjut dia, dirinya di Kecamatan Cidolog akan mencoba berkomunikasi dengan para peternak untuk memodifikasi kandang tradisional menjadi lebih modern. Karena sangat jelas banyak manfaat yang akan dirasakan oleh para peternak. Di mana yang selama ini banyak persoalan pada peternakan ayam bisa diminimalisasi pada kandang sistem close head.(isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.