Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.4%

4.8%

42%

14%

1.4%

26.6%

0%

10.7%

0%

Ternyata Ini Asal-Usul Lomba Balap Karung yang Ramai pada 17 Agustusan

248
0

Saat ini sudah memasuki bulan Agustus, hal tersebut tentunya akan banyak kampung-kampung atau kompleks perumahan menggelar acara lomba tujuhbelasan atau agustusan.

Lomba 17 Agustusan sendiri diikuti oleh anak kecil dan beberapa ada yang untuk orang dewasa. Dan ternyata disetiap perlombaan yang ada tersebut memiliki makna yang beragam seperti ada perlombaan balap karung.

Lomba yang satu ini sangat populer sampai tidak ada satupun yang tak mengenalnya. Hampir disetiap kota sampai pelosok daerah di Indonesia rutin menggelar lomba ini. Bukan cuma pada perayaan 17 Agustus saja, lomba ini juga sering diagendakan saat hari-hari penting di Indonesia.

Lomba ini diikuti beberapa peserta yang diwajibkan memasukkan bagian bawah badannya ke dalam karung lalu berlomba sampai ke garis akhir. Yang membuat lomba ini menarik adalah, tidak sedikit peserta yang terjatuh dalam usahanya mencapai garis finish.

Namun, ternyata perlombaan balap karung ini ada sejarahnya. Sejarah perlombaan ini adalah bermula pada zaman pendudukan Jepang, saat itu penduduk Indonesia sangat miskin sampai-sampai tidak mampu untuk membeli pakaian. Untuk bisa berpakaian, masyarakat kala itu menjadikan karung goni sebagai alternatif berpakaian.

Karung goni memang sangat populer pada masa penjajahan. Karena hanya barang ini saja yang sangat mudah ditemukan dan dimiliki msayarakat Indonesia kala itu.

(hal/tipstren/radartasikmalaya)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.