Ternyata, Pemkab Garut Belajar Budidaya Ikan Koi ke Ciamis

37
0
ABADIKAN. Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman dan Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra saat berada di tempat budidaya ikan koi binaan AmPlus di Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis. Diskominfo Garut
Loading...

GARUT KOTA – Pemerintah Kabupaten Garut melakukan studi banding untuk belajar menerapkan program budidaya ikan koi yang selama ini berhasil dikembangkan Pemkab Ciamis.

Program budidaya ikan koi ini nantinya akan dikembangkan di Garut untuk mendongkrak potensi daerah sehingga memberikan manfaat secara ekonomi bagi masyarakat.

Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman mengatakan, budidaya ikan koi sebetulnya sudah ada di Kabupaten Garut, tetapi belum berhasil seperti yang dilakukan di wilayah Ciamis.

”Jadi kami datang ke Ciamis itu untuk belajar cara budidaya ikan koi terkasuk tata kelola niaganya, supaya budidaya koi di Garut berhasil juga,” ujar Helmi kepada wartawan, Sabtu (26/12).

Helmi menerangkan, tim dari Pemkab Garut sengaja datang langsung ke tempat budidaya ikan koi yang selama ini dibina oleh kelompok budidaya ikan koi AmPlus di Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis.

Loading...

Baca juga : Pemburu Babi di Cikondang Cisompet Garut Sering Jumpai Macan Tutul

Tujuan melihat langsung tempat budidaya ikan itu, kata dia, untuk mengetahui tata kelola niaga, pola pembudidayaan yang mengarah kepada pemberdayaan masyarakat.

”Saya tertarik dengan tata kelola pembudidayaan ikan koi yang dilakukan kelompok pembudidaya karena mampu berdampak pada pemberdayaan kelompok masyarakat,” katanya.

Ia mengungkapkan alasan lain tertarik budidaya ikan koi karena banyak peminatnya terlihat saat ada perlombaan, bahkan ada investor yang tertarik dan terjun langsung ke tempat budidaya.
”Di sini lain saya juga tertarik dengan daya tarik ikan koi yang sampai-sampai ada investor datang terjun ke lokasi budidaya,” katanya.

Presiden Direktur AmPlus Arie Mirza menambahkan budidaya ikan koi cukup menjanjikan secara ekonomi karena memiliki nilai jual yang tinggi.

Budidaya ikan koi itu, kata dia, dilakukan secara sistem plasma bekerja sama dengan BUMDes yang ada di Kecamatan Cipaku sehingga bisa mendorong perekonomian di pedesaan.

”Kami berusaha membangkitkan perekonomian di pedesaan dengan budidaya ikan koi,” paparnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.