Teror Luar Negeri Pengaruhi Kondusivitas

20
SILATURAHMI. Eksekutif, legislatif dan yudikatif Kabupaten Ciamis membuat komitmen pemilu damai di Ballroom Hotel Tyara Ciamis, Senin (18/3). Iman S Rahman / Radar Tasikmalaya

CIAMIS – Teror yang terjadi di luar negeri belakangan ini bisa memengaruhi kondusivitas Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di dalam negeri. Oleh karena itu, Polres Ciamis bertemu dengan ratusan calon anggota legislatif (caleg) untuk membuat komitmen Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 damai yang dideklarasikan di Ballroom Hotel Tyara Ciamis, Senin (18/3).

Wakapolres Ciamis Kompol Lalu Wira Sutriana K AMd menerangkan, legislatif, yudikatif dan eksekutif punya tanggung jawab untuk mewujudkan suasana dami pada pemilu. Apalagi, teror yang terjadi di luar negeri bisa memengaruhi kondusivitas di dalam negeri. “Yang terpenting masyarakat bisa menjalankan kehidupannya dengan tenang dan penuh kedamaian,” tutur dia.

Menurut dia, jumlah aparat keamanan sangat terbatas. Maka dari itu, pihaknya meminta bantuan kepada semua kalangan untuk sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing agar Ciamis tetap manis. Kalah menang dalam kontestasi lima tahunan itu merupakan biasa. Yang kalah harus lapang dana dan yang menang jangan jumawa. “Apabila pada saat kampanye ada yang berseberangan visi dan misi, setelah pemilu mari kita bersama lagi untuk menjaga dan membangun negara ini demi kemajuan bangsa,” kata dia mengajak.

Ketua KPU Kabupaten Ciamis Dr H Agus Hidayat SIP MSi berharap deklarasi damai itu bukan hanya sekadar seremoni saja, tetapi diaplikasikan di lapangan. Dengan begitu, lingkungan yang aman, damai dan kondusif akan tercipta. “Mulai hari ini laksanakanlah pemilu dengan kompetisi yang profesional dan damai,” ucap dia.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Ciamis Jajang Miftahudin SPdI meminta para peserta pemilu untuk bersikap fair dan jujur dalam menggaet hati para pemilih. Laksanakan tahapan-tahapan pemilu sesuai dengan regulasi. “Dalam pemilu kita harus saling menyadari, apa pun hasilnya karena semua sesuai dengan ketentuan Tuhan Yang Maha Esa,” tuturnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis Drs H Asep Surdaman MPd menerangkan, selama ini di Kota Galendo itu pemilu selalu berjalan dengan damai. Dia juga yakin pemilu tahun ini akan aman. “Pemilu ini merupakan pesta lima tahunan sehingga kita harus menjaga semuanya,” ucap dia.

Kepala Staf Komando Distrik Militer (Kasdim) 0613 Ciamis Mayor Inf Nurohman mengapresiasi deklarasi pemilu damai itu. Diharapkan pesta demokrasi tersebut berjalan aman. “Ciptakan damai dan kondusif,” kata dia. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.