Tersisa 1,5% Warga Tak Miliki KTP Elektronik

4
SIMBOLIS. Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman menyerahkan dokumen kependudukan kepada warga Kelurahan Cigantang Kecamatan Mangkubumi saat peresmian Kelurahan Sadar Adminduk Jumat (21/9).

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

MANGKUBUMI – Pemerintah Kota Tasikmalaya meresmikan Kelurahan Cigantang Kecamatan Mangkubumi sebagai kelurahan sadar administrasi kependudukan (adminduk). Kelurahan tersebut merupakan titik pertama salah satu program kepanjang tanganan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk yang digagas Kementerian Dalam Negeri.

Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman menjelaskan kelurahan sadar adminduk adalah upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan adminduk terhadap masyarakat yang tinggal di pedesaan. “Ini nanti bisa untuk melakukan perekaman KTP Elektronik. Jadi tidak usah susah-susah perekaman saja datang ke dinas,” ungkapnya, Jumat (21/9).

Dia menargetkan semua wilayah dapat merealisasikan program kelurahan sadar adminduk di tahun 2020. Supaya tidak ada lagi warga yang tidak mengantongi dokumen kependudukan. Keberadaan pelayanan di tingkat kelurahan bisa mendorong warga untuk sadar dan memudahkan dalam pengurusan dokumen kependudukan.

“Saat ini masih terdapat sekitar 8.000 warga atau 1,5% dari populasi penduduk Kota Tasikmalaya masih belum mengantongi KTP elektronik. Kita harap adanya program ini semua warga sadar untuk memiliki dokumen kependudukan,” katanya.

Selain itu, kata Budi, Pemkot pun menargetkan warga yang berusia 17 tahun atau lebih, saat pemilihan umum 2019 mendatang, segera melakukan perekaman KTP elektronik. Seluruh masyarakat terekam paling lambing 31 Desember 2018.

“Kami targetkan seluruh masyarakat yang saat April nanti berusia 17 tahun. Sudah terekam datanya,” terang Budi.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tasikmalaya H Imih Misbahul Munir menuturkan kelurahan ini merupakan pilot project yang diharapkan bisa diikuti kelurahan lainnya. Di samping dinas akan berupaya secara bertahap menjalankan program Kelurahan Sadar Adminduk.

“Warga sadar pentingnya adminduk, ke­mudian pemutakhiran data ketika ada perubahan status, alamat, gelar dan lain sebagainya. Kemudian sadar akan man­faatnya, sebagai syarat beragam pengurusan administrasi,” bebernya. (igi)

loading...