Terus Diguyur Hujan, Bencana Alam Bayangi Wilayah Kota Tasik

3
0
Kalak BPBD Kota Tasik, Ucu Anwar

KOTA TASIK – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya mencatat dalam sehari terdapat empat kejadian bencana di wilayah itu.

Kejadian itu disebabkan hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di Kota Tasikmalaya dalam beberapa hari terakhir.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar mengatakan, empat kejadian bencana itu adalah longsor di Kecamatan Mangkubumi, rumah ambruk di Tamansari, dan dua kejadian pohon tumbang.

Pihaknya juga masih terus melakukan pemantauan lantaran hujan deras masih terus terjadi di Kota Tasik.

“Potensi longsor terjadi di beberapa titik, juga rumah ambruk dan pohon tumbang, sudah terjadi dalam beberapa pekan ke belakang,” katanya kepada radartasikmalaya.com, Rabu (07/10) pagi.

“Diperkirakan pekan-pekan ke depan akan terus terjadi, kita harus terus siap siaga,” sambungnya.

Loading...

Ucu mengakui, pihaknya belum bisa memprediksi pucak musim hujan di Kota Tasikmalaya. Sebab, belum ada informasi pasti dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Namun, ia memperkirakan, kondisi ini akan terus terjadi hingga Desember. Karena itu, ia meminta masyarakat harus terus siap siaga menghadapi bencana hidrometeorologi.

BPBD Kota Tasikmalaya juga telah menyiapkan peralatan untuk penanganan bencana.

“Hasil mitigasi kami, beberapa wilayah yang berpotensi terjadi bencana saat hujan adalah Kecamatan Kawalu, Tamansari, Mangkubumi, dan Purbaratu,” terangnya.

Ucu menambahkan, pihaknya juga terus melatih relawan kebencanaan di tingkat kelurahan. Dengan begitu, warga juga siap menghadapi bencana. (rezza rizaldi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.