Tes CPNS Pakai LAN, Bukan Online

30

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

JAKARTA – Panselnas CPNS 2018 menyiapkan 873 titik lokasi tes yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Selain fasilitas Computer Assissted Test (CAT) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), Panselnas juga akan menggunakan fasilitas CAT Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Setiawan Wangsaatmaja, dari jumlah itu, 237 titik diantaranya milik atau yang diusahakan oleh BKN dan 636 titik merupakan fasilitas UNBK Kemendikbud.

Hal tersebut untuk mempermudah para pelamar menjangkau lokasi tes. “Dengan jumlah itu, diharapkan pelamar semakin dekat dengan lokasi tes CPNS yang dikoordinir BKN antara lain Kantor BKN Pusat, sejumlah Kantor Regional BKN, UPT BKN, lokasi milik Kementerian/Lembaga yang tersebar di berbagai daerah,” ujarnya di Jakarta, kemarin (12/10).

Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan me­negaskan telah siap untuk pelaksanaan tes CPNS 2018 dengan menggunakan jaringan Local Area Network (LAN), bukan menggunakan sistem online. Mengenai titik lokasi CPNS juga masih akan dirampungkan. “Insya Allah siap. Jaringan pakai LAN, bukan online. Jumlah titik akan difinalisasi Senin depan,” singkatnya kepada Fajar Indonesia Network (FIN), Jum’at (12/10).

Pemerintah sebelumnya telah mengumumkan pembukaan seleksi CPNS Tahun 2018 untuk 238.015 formasi, yang terdiri atas 51.271 formasi di instansi Pemerintah Pusat (76 K/L) dan 186.744 formasi untuk instansi Pemerintah Daerah (525 Pemda). Prioritas pengadaan CPNS 2018 meliputi tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, serta tenaga yang memiliki kualifikasi teknis di bidang infrastruktur sesuai dengan program Nawacita.

Jabatan Inti yang diisi dari pelamar umum sebanyak 24.817 formasi, Guru Madrasah Kementerian Agama yang bertugas di Kabupaten/Kota sebanyak 12.000 formasi, serta dosen Kemenristekdikti dan Kementerian Agama sebanyak 14.454 formasi.

Adapun peruntukan instansi Pemerintah Daerah terdiri dari Guru Kelas dan Mata Pelajaran sebanyak 88.000 formasi, Guru Agama sebanyak 8.000 formasi, Tenaga Kesehatan sebanyak 60.315 formasi (Dokter Umum, Dokter Spesialis, Dokter Gigi, dan Tenaga Medis/Paramedis), serta Tenaga Teknis yang diisi dari pelamar umum sebanyak 30.429 formasi. (hrm/fin)

loading...