Tes SKB CPNS Awal Desember

231
0
Loading...

JAKARTA – Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2018 akan berlangsung awal Desember 2018. Saat ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) tengah melakukan validasi terkait peserta yang lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Kepala Kepala BKN Bima Haria Wibisana memastikan tes seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS 2018 dapat dimulai  1-4 Desember 2018. “Untuk yang menggunakan fasilitas BKN tanggal 4 (Desember) sudah bisa tes, sementara untuk yang pakai fasilitas UNBK tanggal 1 atau 2 sudah bisa tes” ujar Kepala BKN Bima Haria Wibisana dalam jumpa pers di kantornya, Kamis (22/11).

Bima menerangkan materi ujian SKB tergantung formasi jabatannya. Untuk tenaga kesehatan misalnya, materi ujian akan dirumuskan Kementerian Kesehatan.

“Tanggal 4 diharapkan bisa tes untuk SKB, SKB itu tergantung formasi jabatannya, kalau dia tenaga kesehatan soal-soalnya yang membuat adalah Kementerian Kesehatan,” ujarnya.

Sementara, untuk tenaga pendidik seperti dosen akan disusun Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Sedangkan, untuk guru disusun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Loading...

Bima berharap SKB ini berlangsung selama 7 hari. Nantinya, hasil penilaian SKB akan digabungkan dengan SKD. “Kita berharap dalam waktu 7 hari, seminggu bisa selesai SKB, semua itu bersamaan. Setelah itu hasil SKB akan digabungkan dengan SKD. Rumusannya sesuai Permenpan adalah 40% SKD dan 60% SKB,” terangnya.

Perbedaan tes dengan sebelumnya,kata dia, yakni  soal pembagian peserta. Pemerintah berdasarkan Permenpan Nomor 61 Tahun 2018 akan membagi peserta ke dalam dua kelompok. Pertama, mereka yang sudah lulus passing grade seleksi kompetensi dasar (SKD). Kedua, peserta yang tidak lulus passing grade SKD namun tetap bisa mengikuti tes SKB akibat pemberlakuan sistem ranking (peringkat) yang baru diterapkan.

Sistem ranking tersebut merupakan strategi pemerintah mengakali kebutuhan PNS menyusul minimnya peserta tes CPNS yang berhasil melewati tahap SKD. (hrm/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.