Tes Urine, Antisipasi Peredaran Narkoba

19
PEMERIKSAAN. Anggota Badan Narkotika Nasional Kabupaten Garut memeriksa urine petugas Lapas Klas II B Garut Rabu (13/2).

BANYURESMI – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Garut melakukan tes urine terhadap seluruh petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Garut Rabu (13/2).

Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNN Kabupaten Garut Adi Rustawa mengatakan kegiatan tersebut sebagai bentuk pencegahan peredaran narkoba di dalam Lapas.

“Peredaran narkoba di Lapas memang rawan terjadi. Jadi kami kerja sama dengan Lapas dalam mengatasi masalah ini,” ujarnya.

Kerja sama bukan hanya pelaksanaan tes urine, tetapi pembinaan atau sosialisasi terkait bahaya narkoba, baik bagi petugas Lapas maupun warga binaannya. “Kami juga sudah siap dalam rehabilitasi warga binaan terkait masalah narkoba ini,” katanya.

Dia berharap kerja sama tersebut diharapkan terus terjalin, sehingga bisa mencegah beredaran narkoba di dalam Lapas.

“Kalau sudah kerja sama seperti ini, ketika ada temuan narkoba di Lapas bisa langsung ditindak tanpa harus melalui proses birokrasi yang berbelit-belit,” katanya.

Kepala Lapas Klas II B Garut Ramdani Boy mengatakan semua petugas Lapas menjalani tes urine. “Petugas Lapas yang dites urine semuanya ada 98 orang, termasuk saya,” katanya.

Pemeriksaan urine dilakukan dalam upaya pencegahan, pemberantasan dan penyalahgunaan gelap narkoba (P4GN) di Lapas dan Rutan.

“Jadi sebelum memeriksa warga binaan kita pastikan dulu petugasnya bersih atau tidak,” ujarnya.

Hasil pemeriksaan urine, semua petugas bersih dari narkoba. Kedepannya pihaknya akan memeriksa seluruh warga binaan, baik itu di Lapas maupun Rutan.

Dalam memberantas peredaran narkoba di dalam Lapas pihaknya bukan hanya kerja sama dengan BNN, tetapi membentuk satuan tugas (satgas) anti narkoba. “Jadi kami pantau terus, kalau ditemukan kami langsung tindak,” paparnya. (yna)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.