Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

Tetangga Tak Aneh dengan Perilaku AI

213
0

TASIK – Ulah AI (28) yang menculik YZ (5) beberapa waktu lalu memang sebuah tindakan melanggar hukum pidana. Namun warga di lingkungannya memaklumi karena menilai pemuda tersebut memiliki kelainan.

Ketika Radar mendatangi tempat tinggal AI di Gunungmeri Kelurahan/Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya rumah itu dalam kondisi sepi, Jumat (11/10). Para tetangga menyebutkan penghuni sedang berada di luar rumah.

Dari informasi yang dihimpun Radar di lingkungan tersebut, warga menilai AI sudah lama memiliki kelainan. Beberapa perilaku aneh yang ditunjukkan yakni merokok dengan gulungan kertas, datang ke warung hanya memegang-megang dagangan dan lain-lain.

Ketua RT/RW 09/11, Maman Durohman alias Baron mengatakan AI memang mengalami kelainan. Namun tidak sampai seperti orang gila yang kerap ditemukan di jalanan. “Kadang normal kadang enggak,” ungkapnya kepada Radar.

Maka dari itu, ketika warga mendengar adanya kasus penculikan, para orang tua di lingkungannya diliputi kekhawatiran. Tetapi ketika mengetahui pelakunya adalah AI, kekhawatiran itu pun berubah drastis. “Ya namanya juga orang sakit, warga menganggapnya begitu,” terangnya.

Menurutnya, perilaku AI dipastikan sebuah tindakan melanggar hukum. Namun pihaknya tidak bisa menyalahkan karena mengetahui kondisi pemuda tersebut yang memiliki kelainan. “Makanya beberapa warga juga mendorong ke saya supaya bantuin dia (AI),” ujarnya.

Soal penyebab kelainan yang dialami AI, Maman tidak mengetahui secara pasti. Tapi gejala itu terlihat beberapa tahun setelah dia lulus sekolah. “Sekolahnya sampai tingkatan SMA, kalau penyebabnya saya juga kurang tahu,” katanya.

AI merupakan anak sulung dari 4 bersaudara, keluarganya termasuk kalangan ekonomi menengah ke bawah. Orang tuanya merupakan guru ngaji dan kadang berjualan aksesoris. “Dia dari keluarga baik-baik, makanya kalau lagi normal bicaranya itu sangat sopan,” jelasnya.

Sebelumnya, Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya Kota AKP Dadang Sudiantoro SH MH menilai tidak ada yang salah dengan kejiwaan pelaku. Sejauh ini, sikapnya kooperatif kepada penyidik, setiap pertanyaan yang dilontarkan dijawab dengan jelas. “Sejauh ini normal-normal saja,” katanya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.