Tetap Perhatikan Gizi Seimbang

96
0

TASIK – Kesehatan tubuh selama bulan Ramadan harus tetap dijaga, dengan asupan makanan gizi seimbang. Hal ini diungkapkan Dokter Klinik Arafah Singaparna dr Faisal Soeparyanto.

“Selama puasa perlu pengaturan pola makan secara khusus. Terutama mengatur asupan gizi saat berbuka dan sahur,” katanya saat dihubungi Radar, Sabtu (4/5).

Lanjutnya, jangan sampai bulan Ramadan ini konsumsinya yang makanan atau minuman manis saja, tapi gizinya tidak ada. “Itu malah membuat kita sakit, intinya harus seimbang,” ungkap dia. Adapun asupan gizi seimbang membuat stamina bagus dan kesehatan terjaga.

Saat berbuka puasa bisa konsumsi buah kurma atau buah manis lainnya. Buah tersebut sangat mudah dicerna sehingga segera mengembalikan kesegaran tubuh.

Adapun Jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah makanan lengkap yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, jagung, roti gandum dan makanan lainnya. “Asupan protein dan lemak baik tidak boleh ditinggalkan,” sarannya.

Konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi seperti susu, telur, ikan, daging merah, daging ayam, tahu atau tempe. Perlu juga makanan tinggi serat seperti sayuran dan buah-buahan. Minumlah minimal 8 gelas. “Pencernaan pun akan tetap lancar,” katanya.

Ia menyarankan, selama bulan Ramadan untuk menghindari makanan gorengan serta makanan pedas dan berlemak. “Pilih camilan rendah kalori seperti kurma dan kacang almond itu lebih baik selama bulan ramadhan,” jelas dia.

Selain asupan makanan dan gizi yang seimbang juga tidak lupa dengan tetap berolahraga. “Perhatikan jadwal yang tepat, agar tidak mempengaruhi kadar gula sewaktu berpuasa. Alternatif waktu terbaik untuk olahraga bukan menjelang waktu berbuka atau usai salat tarawih,” katanya. Jenis olahraga sebaiknya yang ringan-ringan saja. (ujg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.