Tetapkan 225 Warisan Budaya Tak benda

8

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)  menetapkan 225 Warisan Budaya Takbenda (WBTB). penghargaan juga diberikan kepada 30 provinsi dengan karya budayanya yang melestarikan WBTB.

Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjenbud) Hilmar Farid, mengatakan,  penetapan karya budaya menjadi warisan budaya tak benda nasional menjadi langkah yang krusial. Ini tak lepas dari upaya pihak luar yang kerap mengklaim budaya tanah air sebagai warisan leluhurnya.

”Ini juga merupakan suatu langkah penting karena dasarnya adalah perlindungan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan,” ujarnya.

Apresiasi ini merupakan puncak dari serangkaian kegiatan yang telah dimulai sejak 21 Februari 2018 lalu. Di mana selama prosesnya melibatkan tim ahli, narasumber, Dinas Kebudayaan seluruh Indonesia, dan Balai Pelestarian Nilai Budaya. Beberapa proses yang dilakukan selama rangkaian adalah mulai dari rapat koordinasi antara pusat dan daerah, membahas usulan, proses verifikasi, penilaian, hingga penetapan.

“Proses penetapan warisan budaya tak benda tahun 2018 ini turut melibatkan kementerian lain, seperti Kementerian Hukum dan HAM dan Kementerian Dalam Negeri, ” jelasnya.

Sejauh ini, kata dia, sebanyak 416 usulan karya budaya yang telah diterima oleh Kemendikbud. Namun, Saat tahap verifikasi  jumlah karya budaya mengerucut menjadi 264 karya. Pada tahap akhir, para panitia kemudian melakukan sidang bersama para perwakilan daerah, dan dihasilkan sebanyak 225 karya budaya yang ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia tahun 2018.

Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya, Nadjamuddin Ramly menjelaskan, dengan penetapan ini, Indonesia memiliki 819 Warisan Budaya Tak Benda dari 8.065 karya budaya. Kata dia, proses penetapan telah dilakukan sejak  2013 lalu.  Warisan Budaya Tak Benda adalah seluruh hasil perbuatan dan pemikiran yang terwujud dalam identitas, ideologi, mitologi, ungkapan konkret dalam bentuk suara, gerak maupun gagasan. (rdi/fin)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.