Surat Edaran Kemendagri Dikonsultasikan Kembali

Tetep Siap Mundur dari DCT

65
Tetep Abdulatip

SINGAPARNA – Calon wakil bupati (cawabup) Tetep Abdulatip mengaku siap mengundurkan diri dari daftar calon tetap (DCT) DPRD Jabar di Pileg 2019. Apabila surat edaran Kemendagri itu sudah dikonsultasikan ulang oleh DPRD soal ketetapannya.

“Saya siap kalau memang harus mundur. Intinya serahkan dulu ke DPRD untuk dikaji dan konfirmasi ulang ke Kemendagri soal kepastiannya. Saya juga serahkan kepada partai untuk mengkaji dan memastikan aturan tersebut,” ujarnya saat dihubungi Radar, Senin (18/3).

Menurut Tetep, surat edaran Kemendagri ini timpang dengan aturan di KPU dan Undang-Undang tentang Pemilihan Kepala Daerah. Pada undang-undang, dijelaskan bahwa yang harus mengundurkan diri itu ketika sudah terpilih menjadi anggota dewan.

“Dalam aturan KPU, DCT ini hilang setelah Pemilu 2019. Jadi harus dikonsultasikan lagi kepada Kemendagri soal cawabup yang tidak masuk DCT supaya lebih jelas,” terangnya.

Kata dia, apabila hasil konsultasi DPRD sudah muncul dan menyatakan cawabup tidak boleh terdaftar di DCT, itu harus dijalankan. “Apa pun aturannya harus kita jalankan dan saya akan patuh terhadap aturan tersebut,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Tasikmalaya, Asop Sopiudin menjelaskan Badan Musyarawah (Banmus) akan melakukan konsultasi ulang soal surat edaran Kemendagri yang menyatakan bahwa cawabup di sisa periode ini tidak boleh terdaftar di DCT.

“Kita akan konsultasi lagi ke Dirjen Otda Kemendagri. Kita ingin memastikan apakah aturan tersebut harus dilaksanakan. Kita akan pastikan lagi, agar tidak terjadi multitafsir di daerah,” tegasnya.

Lanjut dia, DPRD pun belum bisa memastikan apakah surat edaran tersebut harus dilakukan pada proses pengisian jabatan wakil bupati pada sisa periode ini atau tidak. Apalagi, KPU Kabupaten Tasikmalaya sudah menegaskan status DCT hilang setelah pemilui.

Minggu ini, kata dia, Banmus akan merencanakan konsultasi ke Kemendagri. Sebelum partai pengusung memutuskan akan mengusulkan siapa calon wakil bupati yang akan diusung ke DPRD. (dik)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.