TFH : Aneh, Pemborong Mau Tender Cising Padahal Duitnya Ngga Ada

224
0
ilustrasi

TASIK – Selain kasus dugaan Korupsi Dana Hibah, di Pemkab Tasikmalaya muncul juga kasus korupsi dan mark-up anggaran Jalan Cising (Ciawi-Singaparna).

Bertahun-tahun, pembangunan jalan aksen warga Kabupaten Tasikmalaya di wilayah utara dengan Singaparna ini, mangkrak.

Sudah dua bupati ternyata belum juga selesai dan malah nasibnya berakhir di penegak hukum.

Baca Juga : Proyek Jalan Cising Dikorup, Warga Tasik Utara Kesal

Nah, Bupati Tasikmalaya periode 2001-2006 dan 2006-2011, Dr H Tatang Farhanul Hakim MPd meminta kasus dugaan korupsi dan mark-up anggaran Jalan Cising diusut secara tuntas.

“Memang ini sudah lama tidak beres (pekerjaan pembangunan tidak tuntas, Red). Maka harus diusut apabila ada dugaan korupsi,” ujarnya saat ditemui Radar di kediamannya, Jumat (16/11).

Sebab, kata dia, proyek Jalan Cising tersebut merupakan salah satu terobosan kala dirinya menjabat sebagai orang nomor satu di Kabupaten Tasikmalaya.

”Saat itu, Cising menjadi prioritas saya. Karena ingin memberikan solusi bagi masyarakat di wilayah Tasik Utara, agar lebih mudah ke Singaparna,” terangnya.

Tatang mengaku tidak mengikuti lagi proses pembangunan Cising pasca dirinya lengser.

”Tiba-tiba saya dengar penyelesaian Cising itu di subkontrakan. Saya anggap ini menjadi proyek bodong. Kenapa bodong,? karena saat saya tanya kepada pemerintah berapa anggarannya, tidak ada, terbatas, jadi tidak jelas,” terang Tatang.

Menurut dia, yang terjadi dalam pembangunan Jalan Cising itu yakni pekerjaannya ditenderkan, sedangkan uangnya belum ada.

“Jadi dicicil berdasarkan kemampuan anggaran setiap tahun. Akan sampai kapan selesainya. Kan harusnya ada back-up anggaran. Pantas saja tidak tuntas-tuntas,” paparnya.

Seharusnya, kata Tatang, dialokasikan dulu anggarannya, kemudian ditenderkan kepada pihak ketiga (rekanan, Red). ”Ini aneh juga, kok pengusaha (rekanan) berani ikut tender proyek yang uangnya belum ada,” tandasnya. (rga/dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.