TFH Dukung Gugatan Ruhimat

231
0
Dr Tatang Farhanul Hakim

SINGAPARNA – Ketua DPW PPP Jawa Barat versi Djan Faridz Dr Tatang Farhanul Hakim mendorong Ruhimat menuntut balik DPP, DPW dan DPC PPP kubu Muchammad Romahurmuziy (Romi) yang mengusulkan penggantian pimpinan DPRD Kabupaten Tasikmalaya.
Menurut mantan bupati yang populer disebut TFH itu, usulan penggantian Ruhimat dari kursi ketua DPRD oleh Asop Sopiudin tidak memiliki alasan kuat. Karena, Ruhimat tidak mengundurkan diri, meninggal dan tersangkut kasus hukum.
Penggantian pimpinan DPRD, kata dia, harus murni sesuai aturan dan perundang-undangan. Bukan karena beda pendapat, lalu di­gan­ti. “Kalau mau ada peng­gan­tian anggota DPRD bisa le­wat pemilu. Bukan hari ini dalam kondisi PPP sedang dualisme,” ujar TFH kepada Radar di kediamannya di Cisaro, Singaparna, Senin (8/1).
Menurut TFH, pimpinan DPRD bukan diangkat oleh partai. Tetapi ditetapkan dewan yang terdiri dari semua fraksi.

Kalau perubahan di internal kepengurusan partai, kata dia, itu sah-sah saja. Tapi kalau sudah masuk ranah lembaga DPRD bukan menjadi kewenangan partai. “Itu bukan DPRD PPP loh. DPRD seluruh partai politik. Apalagi ini pimpinan. Emangnya yang menunjuk Ruhimat sebagai ketua dewan itu PPP?” jelasnya.
TFH menceritakan dulu saat Ruhimat menjadi ketua DPC PPP, kemudian PPP menjadi partai pemenang, wajar jika disahkan menjadi ketua DPRD. “Itu juga diusulkan ke dewan. Bukan diangkat oleh PPP,” kata Tatang.
Tatang menyebut langkah Ruhimat mengajukan gugatan ke pengadilan itu sebagai perlawanan hukum. Dirinya sangat mendukung. “Bahkan saya sudah mengeluarkan surat kepada Ruhimat untuk melakukan pembelaan hukum,” terangnya.
Isi surat itu, kata dia, dewan secara lembaga harus menyikapi bahwa PPP saat ini sedang dalam proses sengketa. Kedua, kembalikan fungsi legislasi bahwa partai politik tidak punya hak intervensi untuk melakukan perubahan di pimpinan partai kalau hanya dilakukan oleh satu partai politik.
Dia menjelaskan pimpinan itu paket dan kolektif kolegial. Jadi tidak serta-merta PPP bisa mengubah begitu saja pimpinan DPRD.
Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya H Ruhimat menyatakan akan menuntut balik pihak yang menginginkan dirinya turun dari posisi pimpinan DPRD. Karena tidak ada alasan kuat.
Dia juga menyebut mendapat informasi adanya upaya PPP kubu Romi yang diduga ingin menggulingkannya dengan cara tidak sehat. “Ada niatan menggulingkan saya,” kata Ruhimat.
Sekretaris Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) DPC PPP Kabupaten Tasikmalaya Ikbal Nasihin menegaskan bahwa tuduhan penggulingan Ruhimat dari kursi ketua DPRD dengan cara tidak sehat oleh PPP kubu Romi itu tidak benar alias hoax. DPC PPP hanya melaksanakan instruksi dari DPP tentang pergantian pimpinan DPRD Kabupaten Tasikmalaya. Instruksi ini untuk penyegaran di tubuh fraksi PPP. “Tidak ada niat untuk menggulingkan. Jadi Pak Ruhimat masih menjadi anggota DPRD dari fraksi PPP,” tegasnya. (dik)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.