TI Usut Hibah Al Ruzhan

182
YANGGI F IRLANA/RADAR TASIKMALAYA AKSI. Aktivis Transparansi Institute (TI) Tasikmalaya saat menggelar aksi teatrikal di Halaman Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Tasikmalaya kemarin (10/10).

MANGUNREJA – Transparansi Institute (TI) Tasikmalaya mengadakan aksi teatrikal di depan Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tasikmalaya Jalan Raya Mangunreja kemarin (10/10).
Dalam aksi tersebut, TI mempertanyakan dan meminta kepada Kejari untuk mengusut temuan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BKP) Perwakilan Provinsi Jawa Barat terkait pemberian dana hibah ke Yayasan Al-Ruzhan yang mengalir setiap tahun sejak empat tahun terakhir dengan jumlah mencapai Rp 13.261.704.000.
Korlap Aksi TI Rian Septian mengatakan rincian dana yang mengalir ke Yayasan Ar-Ruzhan yaitu bantuan 2014 sebesar Rp 1.195.796.00. Pada 2015 mencapai Rp 2.699.828.000. Pada 2016 sebesar Rp 7.866.080.000. Terakhir pada 2017 sebesar Rp 1.500.000.000.
Menurut dia, seharusnya satu yayasan tidak boleh mendapatkan bantuan rutin setiap tahun. Apalagi jumlah yang cukup besar. Ini seperti diistimewakan. “Kami berharap kejaksaan bisa menindaklanjuti dan mengusut dengan tuntas atas adanya temuan tersebut,” terangnya kepada wartawan di sela-sela aksi kemarin.
TI, kata dia, sudah berkali-kali melakukan audensi dengan kejari perihal temuan BPK itu. Namun tidak ada tindaklanjut yang serius. Maka dari itu, pihaknya melakukan aksi. “Apabila pascaaksi ini belum juga ada perkembangan yang baik, pihaknya akan menggelar aksi serupa dengan menurunkan lebih banyak massa,” paparnya.
Kasi Intel Kejari Kabupaten Tasikmalaya Adrian Paromai SH memberikan apresiasi terhadap aksi TI terkait temuan LHP BPK pada bantuan dana hibah. ”Kita akan terima dan pelajari supaya apa yang diharapkan bisa berlanjut dengan baik. Mudah-mudahan ada dukungan dari rekan-rekan untuk menindaklanjuti kasus ini. Kami akan laporkan ke pimpinan,” katanya.
Sementara pihak Yayasan Al Ruzhan, Unung saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon nomornya tidak aktif. (yfi)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.