Tiang Jembatan Sungai Citanduy Dipenuhi Sampah

146
0
MENYANGKUT. Sampah menyangkut di beton tiang pancang Jembatan Dobo Sungai Citanduy kemarin. Warga berharap sampah itu dibersihkan. cecep herdi / radar tasikmalaya
MENYANGKUT. Sampah menyangkut di beton tiang pancang Jembatan Dobo Sungai Citanduy kemarin. Warga berharap sampah itu dibersihkan. cecep herdi / radar tasikmalaya

BANJAR – Tumpukan sampah menyangkut di beton tiang pancang Jembatan Dobo lama dan baru Sungai Citanduy. Hal itu dianggap mengganggu kebersihan dan keindahan kota.

“Kemana pihak BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai), kok diam saja. Jembatan ini kan sangat dekat bahkan berada di lingkungan kantor BBWS Citanduy. Tapi tidak ada penanganan,” kata pemerhati lingkungan Kota Banjar Johan Wijaya Rabu (24/7).

Ia meminta BBWS Citanduy berperan aktif menangani kebersihan sungai. Terlebih Pemerintah Kota Banjar kini sedang giat-giatnya mencegah masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai.

“Satu-satunya kota di Indonesia yang dibelah oleh sungai adalah Kota Banjar, harusnya ini jadi anugerah yang dijaga bahkan dilestarikan dan dibangun untuk pemanfaatan yang berdampak positif bagi masyarakat dan Kota Banjar sendiri,” katanya.

Pemkot Banjar pun, kata dia, sedang berupaya menjadikan Sungai Citanduy sebagai ikon wisata. “Nah untuk itu pihak BBWS juga yang bertanggung jawab mengurusi sungai, harus sinkron dengan program Pemerintah Kota Banjar. Jangan selalu menyalahkan warga yang buang sampah sembarangan,” kata Johan.

Warga sekitar Jembatan Dobo Andi mengatakan tumpukan sampah sudah sejak lama menyangkut di tiang pancang jembatan.

“Sudah lama ini kondisinya begitu, ya pemandangan yang tidak baik lah. Apalagi Banjar kan sebagai kota perlintasan antar provinsi, wajah Jawa Barat bisa dilihat dari Kota Banjar awal mulanya. Masa ini hal sepele saja dibiarkan,” ucap Andi.

Dikonfirmasi terkait itu, pemangku kebijakan di ruang Pelaksana Teknis Operasi dan Pemeliharaan 2 BBWS Citanduy tidak berada di tempat. Hanya ada beberapa staf yang sedang bekerja.

“Nuju di Jakarta pak, teu araya didieu (kantor). Senin paling sudah bisa ditemui,” kata salah satu staf di ruang OP2 BBWS Citanduy kemarin. (cep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.