Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

1.1%

88.5%

3.1%

0.3%

5.9%

0%

1%

0%

Tiang PJU Bertegangan Listrik Menimpa Jalan

73
0
DIGOTONG. Tiang PJU yang menimpa badan Jalan Raya Singaparna-Mangkubumi di Kelurahan Cipawitra dievakuasi warga, petugas PLN dan anggota Polsek Mangkubumi, Jumat (5/4) sore.

MANGKUBUMI – Banjir, pohon tumbang, dan penerangan jalan umum (PJU) roboh terjadi di beberapa wilayah di Kota Tasikmalaya ketika turun hujan deras disertai angin kencang pada Jumat (5/4) sore.

Tiang PJU yang roboh terjadi di Jalan Raya Singaparna-Mangkubumi tepatnya di Kelurahan Cipawitra Kecamatan Mangkubumi. Tiang penerangan yang memalang ke jalan raya itu untungnya tidak menimpa pengendara. Hanya saja arus lalu lintas dari kedua arah tersendat pada pukul 17.00 hingga pukul 17.30.

Saksi mata, Rozak Rahman (35) asal kelurahan Cipawitra menuturkan, sekitar pukul 16.30, hujan begitu deras disertai angin kencang. Akibatnya, tiang PJU yang tidak kukuh itu ambruk ke tengah jalan.

Ketika PJU itu tumbang, kendaraan dari arah Singaparna menuju Mangkubumi maupun sebaliknya terhenti. Masyarakat berupaya mengatur arus lalu lintas agar para pengendara tidak melintas kabel PJU yang dikhawatirkan masih mengantarkan tegangan listrik. “Kemudian ada petugas polisi dari Polsek Mangkubumi turun ke jalan mengatur arus lalu lintas supaya tidak macet panjang. Kemudian datang juga dari PLN Area Tasikmalaya mengevakuasi tiang dan kabel PJU dipindahkan ke pinggir jalan,” ujar dia.

Petugas PLN Area Tasikmalaya Dadang Mulyana menyebutkan, pihaknya mengevakuasi kabel dan tiang PJU untuk menanggulangi sisa aliran daya listrik yang masih hidup dan membahayakan pengendara. “Jadi tiang yang jatuh ini, bukan tiang listrik, tetapi tiang PJU jalan milik Dishub Kota Tasikmalaya,” katanya.

Menurut Dadang, kabel dan tiang PJU baru bisa dievakuasi sekitar pukul 17.30 oleh petugas PLN dibantu warga dan anggota Polsek Mangkubumi. “Secara teknis kita mengamankan, agar posisi tiang dan kabel tidak melintang ke jalan. Sebelumnya kami isolasi, kita matikan dulu gardu sambungan KWH tiang PJU tersebut, yang tidak jauh dari lokasi kejadian, supaya sisa daya listriknya padam,” uar dia.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tasikmalaya H Aay Zaini Dahlan menyatakan akan memperbaiki atau mengganti tiang PJU yang roboh itu. “Kita lihat misalnya rusak, kalau ada stok cadangan kita ganti. Karena ini posisi di jalan raya provinsi, kita juga akan laporkan dan koordinasi dengan Dishub Provinsi Jawa Barat,” kata dia.

Berdasarkan data sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, hujan disertai angin kencang itu, selain merobohkan PJU, juga menumbangkan pepohonan di halaman RSUD dr Soekardjo, menimbulkan banjir di Jalan HZ Mustofa tepatnya di depan Plaza Asia dan di Jalan Letjen Mashudi tepatnya di Kelurahan Setiajaya Kecamatan Cibeureum, serta menerbangkan atap rumah warga di Kampung Sukaasih Kelurahan Sumelap Kecamatan Tamansari dan Kelurahan Cipawitra Kecamatan Mangkubumi. (dik/ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.