Tiap Hari, Warga Kota Banjar Buang 2 Ton Sampah Sembarangan

48
1
Istimewa. MENUMPUK. Sampah menumpuk di depan TPS di kompleks Terminal Bus Banjar Minggu (1/11). Setiap harinya ada dua ton sampah yang dibuang sembarangan.
Istimewa. MENUMPUK. Sampah menumpuk di depan TPS di kompleks Terminal Bus Banjar Minggu (1/11). Setiap harinya ada dua ton sampah yang dibuang sembarangan.
Loading...

BANJAR – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjar mengangkut sebanyak dua ton atau satu kontainer sampah dari buang lari atau yang buang sampah sembarangan. Hal itu dikatakan Kepala Bidang Pengelolaan Sampah DLH Kota Banjar Dede Kuswandi.

Menurut dia, buang lari itu dilakukan oleh warga yang tidak menggunakan layanan buang sampah berbayar (retribusi). “Itu sampah (dua ton, Red) dari hasil buang lari mereka yang tidak bertanggung jawab. Total sampah yang kita angkut di Kota Banjar sehari 30 ton sampah ke TPA selama pandemi Covid-19,” ujar dia Senin (2/11).

Pihaknya tidak mengetahui siapa yang melakukan buang sampah sembarangan, lantaran mereka membuang sampah di titik yang sulit terjangkau. Kadang ada yang sengaja buang sampah di pinggir jalan.

Baca juga : Bayi Terpapar Corona dari Neneknya, Diisolasi bersama Ibunya di RSUD Kota Banjar

Dirinya berharap masyarakat bijak. Tidak membuang sampah sembarangan atau buang lari. Minimal jika tidak mampu menggunakan jasa layanan buang sampah dari dinas, sampahnya dibakar atau dikubur.

“Ya kita akui terjadi penumpukan sampah di sejumlah TPS saat libur panjang kemarin. Karena petugas kebersihan ingin libur,” jelasnya.

Kata dia, meski petugas sempat libur, sampah yang menumpuk baik di TPS atau tempat sampah lainnya di Kota Banjar langsung dibersihkan dan diangkut ke TPS sebelum dikirim ke TPA. (nto)

loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.