Tiap Tahun, PNS di Kabupaten Pangandaran Terus Menyusut

17
PERPISAHAN. Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata usai memberikan cenderamata kepada Pensiunan PNS Pangandaran Budi Mastoro (kiri) dalam acara pelepasan Purna Bakti CPNS Pangandaran Tahun 2018.

PARIGI – Jumlah PNS di Kabupaten Pangandaran setiap tahun semakin menyusut, hal ini disebabkan banyaknya abdi negara yang pensiun, meninggal dan diberhentikan.

Bupati Pangandaran H Jeje Wiradainata mengatakan tahun ini saja jumlah PNS yang pensiun atau purna bakti mencapai 185 orang.

”Eselon III a tiga orang, eselon III b lima orang, eselon IV a 24 orang, eselon VI b tujuh orang dan fungsional umum 145 orang,” tuturnya kepada wartawan Rabu (5/12).

Saat ini, jumlah PNS di Pangandaran mencapai 3.223 orang, padahal yang ideal jumlah PNS di Pangandaran adalah 8.000 orang.

”Pertama kita lepas dari Ciamis, jumlah PNS kita ada 3.964 orang,” terangnya.

Menurut Jeje, jumlah PNS dari tahun ke tahun akan terus berkurang mengingkat jumlah yang pensiun tahun 2021 mendatang mencapai 251 orang.

”Nanti di tahun 2021 ada pensiun masal, ini jadi kekhawatiran tersendiri,” tuturnya.

Jalan satu-satunya adalah pemerintah pusat harus kembali melaksanakan rekrutmen CPNS dan memberikan jatah formasi yang lebih banyak lagi. ”Saat ini kita diberi jatah formasi 447,” ucapnya.

Dengan ditekennya perpres mengenai rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) diharapkan bisa memberikan angin segar bagi pemerintah daerah. ”Agar bisa memenuhi kebutuhan pegawai di kita,” ujarnya.

Sementara itu, kegiatan penyerahan sertifikat Purna Bakti tahun ini, sudah dilaksanakan di Aula Setda Pangandaran. Setidaknya 200 orang menghadiri acara tersebut.

”Ini memberikan penghargaan atas kinerja dan dedikasi para PNS selama bertugas,” ungkap Sekda Pangandaran Mahmud SH MH. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.