Beranda Kota Tasik Tidak Ditilang Bukan Berarti Boleh Melanggar

Tidak Ditilang Bukan Berarti Boleh Melanggar

144
BERBAGI
AKP Andriyana SH MH

INDIHIANG – Dalam uji coba penerapan perubahan jalur di sejumlah titik di Kota Tasikmalaya, polisi belum melakukan tindakan tilang. Akan tetapi, hal itu bukan berarti warga boleh menerobos rambu verboden seenaknya.
Kasat Lantas Polres Tasikmalaya Kota AKP Andriyana SH MH mengakui bahwa sementara ini masih banyak para pengendara yang menerobos jalan yang sudah diberlakukan satu arah. Sehubungan masih dalam tahap uji coba dan sosialisasi, polisi tidak melakukan penilangan. “Hanya teguran dulu, nanti kalau sudah berlaku dan masih ada yang bandel baru kita lakukan tindakan tilang,” tuturnya kepada Radar, Senin (16/4).
Meski demikian, para pengendara motor juga tidak boleh seenaknya menerobos verboden dan melaju melawan arus.
Pasalnya, hal ini berkaitan dengan keselamatan mereka sendiri di jalan raya. “Kalau lawan arus kan bahaya, bisa tabrakan,” terangnya.
Hasil evaluasi sementara Sat Lantas, perubahan arus lalu lintas di beberapa titik jalan berjalan cukup efektif. Pasalnya, jalur yang sebelumnya sering mengalami kepadatan menjadi lebih terurai. “Seperti di rumah sakit, yang sebelumnya sering padat sekarang lebih normal arus lalu lintasnya,” katanya.
Pihaknya pun terus melakukan pengamatan di lapangan untuk bahan pembahasan di rapat Forum Lalu Lintas. Pasalnya, keputusan permanen atau tidaknya perubahan jalur itu tidak bisa dilakukan secara sepihak oleh kepolisian saja.
Sat Lantas, kata dia, hanya bisa menilai efek dari segi kelancaran arus lalu lintas saja terkait uji coba ini. Dalam rapat Forum Lalu Lintas akan dibahas terkait dampak secara ekonomi sosial dan kepentingan masyarakat lainnya. “Kalau secara lalu lintas alhamdulillah jadi lebih baik,” katanya. (rga)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.