Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

Pengelola TWA Papandayan Sebut Tak Menggangu Aktivitas Wisata

Tiga Belas Hektare Hutan di Kaki Gunung Papandayan Terbakar

12
0
Istimewa KEBAKARAN. Petugas gabungan dari Dinas Damkar, BPBD Garut bersama masyarakat berusaha memadamkan api. Petugas berhasil memadamkan api kemarin.

CISURUPAN – Sekitar 13 hektare hutan di kaki Gunung Papandayan Kecamatan Cisurupan terbakar. Diduga, kebakaran hutan terjadi akibat kemarau panjang yang membuat banyak ranting kering.

“Kemungkinan akibat gesekan daun dan ranting kering, sehingga timbul api,” kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Garut Tubagus Agus Sofyan kepada wartawan Senin (7/10).

Tubagus menerangkan kebakaran hutan terjadi sekitar pukul 13.00 pada Minggu (6/10). Api baru bisa dipadamkan pukul 00.30 Senin (7/10) setelah petugas gabungan dari Dinas Damkar, BPBD Garut bersama masyarakat memadamkan api.

“Pemadaman dilakukan dengan cara manual dan dibantu petugas pemadam kebakaran,” ujarnya. Dia menerangkan selama musim kemarau, Gunung Papandayan baru pertama kali terbakar.

Dihubungi terpisah, Dirut PT Astri Indah Lestari (AIL) Tri Persada selaku pengelola TWA Papandayan menyebutkan lokasi kebakaran hutan di Gunung Papandayan berada di kawasan cagar alam (CA). Meski berada di dekat area Taman Wisata Alam (TWA) Papandayan, api disebut tak menganggu aktivitas wisata.

“Kebakaran hutan tak berdampak ke area wisata. Meski lokasinya berdekatan dengan pintu masuk TWA. Jadi tidak menganggu kawasan wisata,” ujarnya.

Dalam kebakaran tersebut pihaknya menurunkan personel untuk membantu pemadaman api. Hingga kini sudah tidak ada api yang muncul dan situasinya sudah aman terkendali. “Kami ikut dalam membantu memadamkannya. Semua personel diturunkan biar cepat padam. Yang jelas tidak ganggu area wisata,” katanya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.