Tiga Bulan Terakhir, Omset Hotel di Pangandaran Menurun

50
KUNJUNGAN WISATA. Kunjungan wisata selama long weekend kemarin berpengaruh besar terhadap bisnis hotel di Pangandaran. (Deni Nurdiansah / radartasikmalaya.com)

PANGANDARAN – Libur panjang dari tanggal 19 April lalu, membuat kunjungan ke beberapa objek wisata terutama Pantai Pangandaran meningkat. Hal itu berdampak positif terhadap hunian hotel di Pangandaran.

Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) Kabupaten Pangandaran Dadang Gunawan mengatakan peningkatan hunian saat liburan panjang kemarin mencapai 60 persen lebih. ”Hampir semua hotel mengalami peningkatan hunian,” ujarnya kepada Radar, Sabtu (21/4).

Dadang menuturkan volume hunian hotel kali ini hampir merata, karena semuanya terisi. ”Alhamdulilah dengan banyaknya event dan libur panjang ini, memberikan dampak positif terhadap bisnis perhotelan di Pangandaran,” katanya.

Menurut Dadang, tiga bulan terakhir bisnis hotel di Pangandaran sempat mengalami paceklik, omset mereka pun turun drastis.

”Jauh sekali dengan pendapatan biasanya, mudah-mudahan saja pendapatan kali ini bisa menutupi omset tiga bulan kebelakang,” ujarnya.

Ia mengatakan untuk pendapatan pada libur panjang kali ini, hampir menyamai libur panjang lebaran.

”Mungkin karena banyaknya masyarakat yang mudik ke kampung halaman untuk memilih (pemilu), mereka memutuskan untuk libur ke Pangandaran,” jelasnya.

Lanjut Dadang, wisatawan lokal paling banyak yang membooking hotel untuk liburan di Pangandaran. Sementara untuk wisatawan mancanegara masih sedikit.

“Saya berharap kunjungan wisatawan bisa terus menunjukan trend positif, sehingga bisnis hotel bisa terus tumbuh,” jelasnya.

Salah seorang wisatawan asal Kabupaten Ciamis Abdul Rohman (30) mengatakan dirinya memanfaatkan libur panjangan untuk refreshing di Pantai Pangandaran.

”Kebetulan saya sudah lama tidak liburan ke Pangandaran, saya sengaja mengajak keluarga saya kesini,” ucapnya. (den)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.