Tiga Hari Tiga Malam Ngobeng Ikan

11
TANGKAP IKAN. Warga turun ke Sungai Cijolang di Dusun/Desa Kaso Kecamatan Tambaksari untuk menangkap ikan, Minggu (19/8). (Iman S Rahman/radartasikmalaya.com)

TAMBAKSARI – Ribuan warga dari Desa Bingkeng Kecamatan Dayehlugur Kabupaten Cilacap dan Desa Kaso Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis ikut meramaikan Festival Cijolang yang dilaksanakan di Dusun Kaso dari Jumat sampai Minggu (17-19/8).

Kepala Desa Kaso Edi Kurnadi mengatakan pada Festival Cijolang untuk memeriahkan HUT RI itu ada lomba ngobeng ikan di Sungai Cijolang. Warga yang ikut serta mencapai 5.000 orang. Mereka yang datang tidak hanya dari Ciamis tetapi juga dari daerah perbatasan Jawa Tengah.

“Kami laksanakan kegiatan ini hingga tiga hari tiga malam untuk menghibur masyarakat,” jelas Edi kepada Radar, Minggu (19/8).

Dalam festival ini, terang dia, juga ada kreasi makanan tradisional, seni, kontes ternak, liwet, mewarnai dan lainnya. Namun, yang paling menyedot perhatian massa adalah ngobeng ikan. Pasalnya, ada sekitar dua kuintal ikan yang ditebar di sungai.

“Kami bersyukur kegiatan ini sukses. Hingga menghibur masyarakat,” jelasnya.

Diharapkan melalui kegiatan tersebut masyarakat bisa lebih peduli terhadap kebersihan sungai dan tidak buang sampah sembarangan.

Ketua Karang Taruna Desa Kaso Yadi Setiadi mengatakan pihaknya akan terus melaksanakan kegiatan tersebut ke depannya.

“Tujuan kami dalam kegiatan ini menanamkan kebersamaan dan tidak lain menanamkan rasa memiliki dan bisa menikmati hari kemerdekaan bersama-sama,” tutur dia. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.