Tiga Kecamatan di Banjar Rawan Krisis Air Bersih

101
0
MENGERING. Debit air Sungai Citandung berkurang drastis. Tim penanggulangan bencana daerah Kota Banjar pun mulai mengantisipasi dengan melakukan rapat koordinasi dan konsolidasi. Rapat tersebut diharapkan melahirkan solusi untuk antisipasi kekeringan. Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya

BANJAR – Tim penanggulangan bencana daerah Kota Banjar menggelar rapat koordinasi dan konsolidasi di Ruang Rapat II Sekretariat Daerah (Setda) Kota Banjar Jumat (5/7). Rapat tersebut untuk mengantisipasi datangnya kemarau.

Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana mengatakan rapat dilaksanakan untuk menyamakan persepsi dalam mengantisipasi kesulitan air bersih di musim kemarau. “Karena ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tapi semuanya,” ujarnya kepada wartawan usai rapat.

Nana meminta kepada camat, lurah dan kepala desa supaya menyampaikan kepada ketua RT, RW dan kepala dusun lebih aktif dalam mengantisipasi musim kemarau.

Aparat desa pun diminta terjun langsung ke masyarakat, mengajak dan mengimbau supaya hemat dalam menggunakan air. “Berbicara masalah air sangat riskan, sehingga harus disikapi bersama,” ujarnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjar Yayan Herdiaman SH, MSi mengatakan ada tiga kecamatan yang rawan kekeringan dan kesulitan air bersih. Yakni Kecamatan Banjar, Pataruman dan Purwaharja.

Pihaknya berharap tidak terjadi kemarau panjang. ”Kita minta semua stakeholder bersama-sama ikut berperan aktif,” katanya.
Debit Air Sungai Citanduy Turun.

Debit aliran air Sungai Citanduy mengalami penurunan sangat drastis. Hal tersebut diungkapkan satuan kerja penanganan air pada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy Budiman.

“Kita lihat sendiri saat ini debit air Sungai Citanduy menurun drastic dan itu tidak bisa dipungkiri,” ujarnya kepada wartawan Jumat (5/7).

Dengan kondisi itu pihaknya tidak bisa berbuat banyak dalam memenuhi kebutuhan air bagi para petani. Khususnya yang tidak jauh dari saluran irigasi aliran Sungai Citanduy.

Namun pihaknya memberikan bantuan peminjaman pompa air jika dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan air. “Di kita total ada 50 pompa air. Jika dibutuhkan tinggal mengajukan permohonan peminjaman. Tapi melalui prosedur yang ada,” jelasnya. Selain, pompa air pihaknya juga memiliki satu unit tangki air. (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.