Tiga Kewenangan Jadi Beban Berat Bawaslu

2
SOSIALISASI. Bawaslu Kabupaten Ciamis menyosialisasikan tentang kelembagaan Bawaslu di Jalan KH Ahmad Dahlan No 38 Ciamis, Senin (17/9). (Iman S Rahman / radartasikmalaya.com)

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CIAMIS – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ciamis Uce Kurniawan menyatakan menghadapi Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2019, pihaknya memiliki tiga tugas yang menjadi beban berat.

Yakni pengaturan regulasi, pengawasan pelaksanaan, dan memutus sengketa antara peserta pemilu dengan KPU.

“Pesan ini semua perlu kita sampaikan kepada stakeholders sehingga diketahui,” jelas Uce usai Sosialisasi Kelembagaan Bawaslu Kabupaten Ciamis di Jalan KH Ahmad Dahlan No 38 Ciamis, Senin (17/9) sekitar pukul 13.00.

Untuk menjalankan tugas itu, terang dia, tidaklah mudah. Maka, pihaknya betul-betul membutuhkan bantuan semua pihak. Pihaknya dituntut untuk menjaga integritas, mentalitas, profesionalitas, soliditas, tulus dan ikhlas.

“Di balik kekurangan kita, kita harus menjadi terbaik,” terang dia.

Uce juga mengingatkan kepada para pengawas kecamatan untuk memperketat pengawasannya di setiap tempat pemungutan suara (TPS).

Pengawasan harus lebih ekstra pada pelaksanaan pileg. Karena sangat banyak calon-calon yang akan manggung.

“Ranah kabupaten dan kota menjadi pengawasan kita. Makanya kita tanamkan kepada pengawas kecamatan. Mereka harus siap-siap dan akan dibekali bimtek juga nantinya,” jelas dia.

Ketua KPU Kabupaten Ciamis Kikim Tarkim SAg MSi menyatakan siap bekerja sama dengan profesional dan menjaga soliditas menjelang pileg dan pilpres. (isr)

loading...