Tiga Rumah Terancam Ambruk

61
0

CISURUPAN – Tiga rumah di Kampung Pasirpari RT 03 RW 03 Desa Balewangi Kecamatan Cisurupan terancam ambruk. lantai dan dinding tiga rumah tersebut mengalami retak akibat pergerakan tanah.

Kepala Desa Balewangi Dodi Rohmansyah mengatakan pergerakan tanah di wilayahnya sudah terjadi sejak tiga bulan lalu. Namun, warga baru menyadari setelah rumah mereka mengalami retakan.

“Retakannya sejak musim kemarau. Awalnya cuma di kebun saja. Tapi terus memanjang dan sampai ke rumah warga. Setelah hujan kemarin, baru kelihatan dampaknya ke rumah,” katanya saat dihubungi Rabu (27/11).

Dodi menyebut panjang retakan tanah mencapai 100 meter dengan lebar sekitar 15 sentimeter. Penghuni ketiga rumah yang terdampak retakan yakni keluarga Dikdik (50), Aja (70) dan alm Didin saat ini sudah diungsikan. “Mereka sudah pindah ke rumah saudaranya yang lebih aman. Kalau bertahan di rumah mereka, bisa berbahaya. Rumahnya bisa ambruk,” ujarnya.

Lokasi pergerakan tanah tersebut diperkirakan Dodi akibat urukan tanah di dekat rel kereta lama. Pihak BPBD Garut juga sudah memeriksa lokasi pergerakan tanah. “Kemarin dari BPBD sudah datang, tapi belum ada hasilnya. Cuma minta warga untuk pindah dulu dan lebih waspada,” katanya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Garut Tubagus Agus Sofyan sudah mengecek lokasi pergerakan tanah di Kampung Pasirpari Desa Balewangi Kecamatan Cisurupan. Pihaknya sudah memberikan imbauan kepada masyarakat untuk lebih waspada, terutama kepada pemilik rumah yang terkena dampak pergeseran tanah. “Kalau yang rumahnya yang mengalami keretakan parah sekarang sudah diimbau untuk tinggal dengan kerabatnya. Ditakutkan rumah itu roboh,” ujarnya tadi malam.

Loading...

Saat ini pihaknya terus memantau lokasi tersebut untuk mengantisipasi bencana pergerakan tanah terus meluas. BPBD juga mengimbau masyarakat Garut terus waspada, terutama yang tinggal di lereng gunung. Karena bencana pergerakan tanah rawan terjadi, terutama ketika turun hujan. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.