Tiga Wilayah Mulai Kesulitan Air

28
0
KEMARAU TIBA. Beberapa wilayah di Kabupaten Pangandaran mengalami kesulitan air akibat musim kemarau, namun kondisinya belum begitu parah Selasa (18/6). Deni Nurdiansyah/ Radar Tasikmalaya
Loading...

PANGANDARAN – Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran memastikan saat ini beberapa wilayah di Pangandaran telah memasuki musim kemarau.

Kepala BPBD Kabupaten Pangandaran Nana Ruhena mengatakan setidaknya ada tiga desa yang sudah mengalami kesulitan air akibat musim kemarau yakni Desa Bagolo Kecamatan Kalipucang, Desa Parakanmanggu Kecamatan Parigi dan Padaherang Atas. ”Namun yang baru mengajukan untuk dikirim air hanya Bagolo,” terangnya kepada Radar, Selasa (18/6).

Menurutnya, daerah Parakanmanggu dan Bagolo memang menjadi langganan kekeringan setiap tahun, bahkan kedua tempat itu sering dijadikan indikator untuk mengetahui datangnya musim kemarau. ”Kalau Parakanmanggu sudah kesulitan air, biasanya daerah lain langsung mengikuti,” katanya.

Nana menambahkan kekeringan yang terjadi saat ini belum begitu parah, namun pihaknya telah bersiap-siap menyuplai air. ”Tapi mobil pengangkut air kita mengalami kerusakan saat ini, jadi kita belum bisa mengirim air,” tuturnya.

Pihaknya akan mencoba berkomunikasi dengan Dinas PUPR melakukan suplai air ke beberapa tempat yang kesulitan air. ”Kita belum berkomunikasi dengan mereka,” singkatnya.

Pada tahun 2018 lalu, setidaknya 60 ribu liter air disuplai ke beberapa titik yang mengalami kekeringan. ”Kita mengirim tiga hari sekali ke tiap wilayah yang mengalami kekeringan,’ ucapnya.

Ia pun mengingatkan masyarakat mewaspadai adanya kebakaran hutan selama musim kemarau. ”Jangan membakar sampah sembarang, membuang puntung rokok sembarangan,” imbaunya.(den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.