Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
16%

84%

Tim Anggaran Pemerintah Daerah Terima Usulan Anggaran Pilkada

54
0

SINGAPARNA – Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sudah menerima draft usulan anggaran Pilkada 2020 dari KPU dan Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Senin (24/6).

Wakil Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Tasikmalaya, Dr H Iwan Saputra MSi mengatakan usulan anggaran pilkada dari KPU sebesar Rp 85 miliar dan Bawaslu Rp 36 miliar. “Usulannya sudah kita masukan dalam pembahasan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) perubahan 2019 dan APBD murni 2020,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Setelah ini, kata dia, pihaknya akan mengkaji usulan anggaran Pilkada 2020 yang disampaikan KPU dan Bawaslu. Nantinya, usulan KPU dan Bawaslu akan dijadikan bahan pembahasan dalam rapat membahas PPAS oleh TAPD. “Tentang angka yang diajukan, kita lihat nanti. Karena untuk sementara usulan KPU dan Bawaslu angkanya cukup besar. Yang pasti usulan itu akan ada rasionalisasi dan disesuaikan dengan kemampuan APBD,” katanya.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Zamaludin SP mengungkapkan pada pertemuan dengan TAPD ini, KPU ingin memastikan bahwa saat ini draft tahapan dan jadwal program penyelenggaraan Pilkada 2020 sudah ada. “Draft tahapan pilkada sudah diuji publik di tingkat KPU RI dan kami menyampaikan draft tersebut kepada pemerintah daerah dalam hal ini ke TAPD. Terkait dengan perencanaan penganggaran Pilkada 2020,” kata Zamzam.

Kata dia, disepakati untuk menyusun jadwal pembahasan anggaran tersebut. Di mana alokasi anggaran nantinya akan menyesuaikan dengan kemampuan APBD daerah. “Tentu saja, secara prinsip harus bisa memenuhi kebutuhan pilkada, untuk nilai tetap usulan dari KPU Rp 85 miliar sesuai usulan awal,” paparnya.

Jumlah tersebut, terang Zamzam, sudah melalui pengkajian yang komprehensif termasuk sudah disampaikan dan dijelaskan dihadapan KPU RI. ”Sesuai dengan tahapan dan program Pilkada 2020 itu terselenggara sejak satu tahun sebelum pelaksanaan. Artinya September 2019 sudah memulai tahapan awal. Artinya harus dianggarkan di perubahan, keinginan kita sudah disampaikan,” tambah dia.

Tempat yang sama, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tasikmalaya, Dodi Juanda mengatakan pertemuan dan penyerahan draft anggaran Pilkada 2020 ini sebagai bentuk tindak lanjut dari pertemuan dengan DPRD.

“Dengan rincian-rinciannya akan disampaikan juga untuk kebutuhan Pilkada 2020 dengan total mencapai Rp 36 miliar. Mudah-mudahan pemerintah daerah mengalokasikan di perubahan dan murni 2020,” terangnya.(dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.