Tim Gabungan Bersihkan APK di Seluruh Wilayah Kabupaten Tasik

56
0
DITERTIBKAN. Tim gabungan menertibkan APK pasangan calon pada masa tenang jelang pemungutan suara Pilkada 2020 pada 9 Desember, Minggu (6/12). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA
Loading...

SINGAPARNA – Tim gabungan yang terdiri dari KPU, Bawaslu dan Satpol-PP menertibkan APK pasangan calon serentak di 39 kecamatan, Minggu (6/12).

Penertiban APK tersebut dilakukan karena massa kampanye calon sudah berakhir pada Sabtu (5/12) dan mulai memasuki masa tenang.

Kepala Bidang (Kabid) Ketentraman dan Ketertiban Umum (Tantribum) Satpol-PP Kabupaten Tasikmalaya Didin menjelaskan, sesuai PKPU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Kampanye, di dalam pasal 31 mengatur terkait massa tenang, maka dilakukan penertiban APK calon.

“Penertiban APK calon baik itu spanduk, baliho dan stiker yang tertera gambar calon baik di tempat umum, kendaraan dan sarana publik lainnya,” ujarnya, Minggu (6/12).

Kata dia, tim gabungan mengimbau kepada relawan dan tim sukses pemenangan pasangan calon untuk bisa ikut serta dalam menertibkan dan menurunkan APK calon masing-masing.

Loading...

Baca juga : 14 Remaja Pesta Miras, Digelandang ke Mapolsek Mangkubumi Tasik, Kasihan Ortunya Kebawa-bawa

“Karena di dalam PKPU sendiri yang seharusnya menertibkan adalah relawan, simpatisan atau tim sukses pemenangan calon. Ketika masih ada APK terpasang, maka kami dari unsur KPU dan Bawaslu berkewajiban untuk menertibkan,” katanya.

Dia menargetkan, selama tiga hari masa tenang 6-8 Desember, APK baik baliho, spanduk dan stiker para calon di Pilkada Tasik yang masih terpasang ini bisa ditertibkan dan dibersihkan semuanya.

“Hari pertama masa tenang (kemarin) ini masih banyak ratusan APK calon yang terpasang di kendaraan, tempat umum dan sarana publik lainnya seperti di Kecamatan Singaparna, tetapi mulai hari ini (kemarin) serentak di seluruh Kabupaten Tasikmalaya ditertibkan,” ucapnya.

Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Hukum dan Pengawasan Fachrudin SAg mengatakan, penertibkan APK di masa tenang ini harus maksimal dilakukan. Sehingga pada masa tenang dan jelang pemungutan suara sudah tidak ada lagi APK yang terpasang.

“Kita berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan Bawaslu untuk menertibkan APK yang masih terpasang di seluruh kecamatan. Kami juga telah menginstruksikan kepada PPK dan PPS untuk menertibkan APK yang ada di wilayahnya masing-masing,” katanya.

Koordinator Divisi (Koordiv) Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Divisi Hukum, Data dan Informasi Mohammad Abduh SSi mengakui pada hari pertama masa tenang masih banyak yang terpasang di tempat umum.

“Yang masih banyak terpasang di tempat umum, publik dan kaca kendaraan umum. Jadi branding bergambar calon di angkutan umum sudah tidak diperbolehkan dipasang karena berbau kampanye,” tambah dia. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.