Tim Kesehatan Dampingi Anggota PPK

20

TAROGONG KIDUL – Tim kesehatan dari UPT Puskesmas Tarogong disiagakan. Mereka mendampingi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pengwas Kecamatan (Panwascam) Tarogong Kaler yang melaksanakan rapat pleno penghitungan suara Pemilu 2019.

“Kami siagakan petugas kesehatan untuk antisipasi jika adanya petugas yang kelelahan saat bekerja, sehingga mengalami kasus kegawatdaruratan hingga meninggal dunia,” ujar Camat Tarogong Kaler Saefurrohman kepada wartawan di lokasi rapat pleno penghitungan surat suara Pemilu 2019 tingkat kecamatan di Kantor Desa Sirnajaya Kecamatan Tarogong Kaler Senin (22/4).

Pihaknya menerjunkan tim kesehatan karena banyaknya kejadian petugas kelelahan hingga meninggal di beberapa daerah. Dia meminta bantuan Dinas Kesehatan Kabupaten Garut untuk mendampingi petugas. “Kan seperti di berita banyak anggota KPPS yang meninggal karena kelelahan. Jadi kami antisipasi dari sekarang. Kalau di Garut belum ada (yang meninggal),” ujarnya.

Edi Kurniadi, petugas kesehatan yang mendampingi petugas PPK dan Panwascam Tarogong Kaler menduga banyaknya petugas Pemilu yang meninggal ketika menjalankan tugas diakibatkan kelelahan dan minimnya penanganan awal. “Jadi ketika petugas sudah mengalami kelelahan karena kurang tidur, itu harus ada penanganan yang tepat dan cepat. Apakah itu diberikan oxygen, pemberian cairan infus atau ditindaklanjuti ke faskes yang lebih lanjut,” terangnya.

Dengan penanganan cepat, kata dia, akan meminimalisir tingkat kematian. “Risiko kematian akibat kelelahan cukup besar, karena pada umumnya tubuh harus diberikan porsi istrahat yang cukup,” ucapnya.

Maka dari itu, untuk di lokasi rapat pleno tingkat Kecamatan Tarogong Kaler pihaknya terus memantau dan memeriksa kesehatan para petugas. (yna)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.