Tim Koordinasi dan Supervisi KPK Monitor Pemkot Tasikmalaya

45
MONEV. Waki Wali Kota Tasikmalaya H M Yusuf mendampingi Ketua Tim Koordinasi dan Supervisi Pencegahan KPK Wilayah Jawa Barat Tri Budi usai monitoring dan evaluasi di Bale Kota, Rabu (24/10).

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

BUNGURSARI – Tim Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Wilayah Jawa Barat melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap rencana aksi pencegahan korupsi terintegrasi di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya.

Tiga orang tim yang dikomandoi Tri Budi Rochmanto tersebut melakukan monev terkait delapan item. Mulai dari e-planning, e-budgeting, Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ), penguatan kapabilitas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP), ASN, optimalisasi pendapatan daerah dan aset. “Hasil monevnya terbilang cukup baik.

Kota Tasikmalaya melebihi persentase nasional sekitar 32 persen. Yakni 60,54 persen dalam upaya pencegahan korupsi dilihat dari delapan fokus area tersebut,” tuturnya saat ditemui di Bale Kota, Rabu (24/10).

Hanya saja, kata Tri, masih ada beberapa catatan yang menjadi pekerjaan rumah bagi pemkot. Mulai dari Pengadaan Barang Jasa yang kini ditangani Unit Layanan Pengadaan (ULP) yang belum permanen. Kemudian, dalam mendorong optimalisasi pendapatan daerah perlu ada regulasi dan dorongan supaya lebih baik lagi. “ULP itu pokjanya harus permanen,” terangnya.

Selain melakukan monev per tiga bulan, pihaknya te­rus melakukan pengawasan me­lalui website. Berkaitan pela­poran yang terus di­sam­pai­­kan pemerintah dae­rah. Pihak­nya juga akan te­rus menyisir pemda mulai Ka­bupaten-Kota Tasikmalaya, Ka­­bupaten Ciamis hingga Ko­ta Ban­jar secara maraton.

Me­­mastikan dalam membuat sis­tem pencegahan korupsi di daerah berjalan baik. “Ko­ta Tasikmalaya terbilang baik dibanding Kabupaten Tasik­malaya. Sementara daerah Pria­ngan Timur lainnya, kita be­­lum pastikan dan akan di­li­hat setelah ini,” jelas dia. (igi)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.