Tim Medis Postif Corona, Puskesmas Purwaharja 1 Kota Banjar Tutup Pelayanan

325
0

BANJAR – Puskesmas Purwaharja 1 Kota Banjar memilih menutup pelayanan selama, empat belas hari kedepan.

Hal itu seiring hasil rapid tes tenaga medis menunjukkan satu orang tim medisnya positif corona.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar, dr Herman Umar, tenaga medis yang positif rapid tes statusnya sudah menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Warga Banjar, statusnya sekarang sudah PDP. Hasil rapid tes menunjukkan positif,” kata dr Herman Umar saat dihubungi via telepon, Senin (27/4) malam.

Kata dia, tim dari gugus tugas penanganan dan pencegahan covid-19 Kota Banjar juga telah melakukan pelacakan dan sterilisasi ruangan Puskesmas.

“Mungkin rencana penutupan layanan kesehatan akan berlangsung selama empat belas hari kedepan,” ungkapnya.

Ia mengimau kepada warga di Kelurahan Purwaharja dan Karangpanimbal untuk sementara bisa mendatangi puskesmas purwaharja 2 jika ingin mendapat layanan kesehatan.

Ia mengatakan, pelayanan kesehatan di Puskesmas Purwaharja 1 ditutup sementara sampai menunggu hasil swab tes terhadap tenaga medis yang positif rapid tes tersebut.

“Kami terus melakukan tracing dan menunggu hasil swab tes. Tenaga medis yang terpaparnya bukan dokter. Kami tracing terus jika hasil swab tes positif maka ada riwayat penanganan pasien sebelumnya yang terdampak covid-19,” ungkapnya.

Wakil Wali Kota Banjar H Nana Suryana mengatakan, tenaga medis itu merupakan pegawai puskesmas.

“Baru rapid tes. Tapi kondisinya saat ini ada keluhan seperti keluhan covid-19. Jenis kelaminnya perempuan,” kata Nana Suryana.

Ia menambahkan, seluruh kegiatan di Puskesmas Purwaharja 1 ditutup hingga empat belas hari kedepan.

Jika ada warga Banjar yang datang mudik, kemudian harus mendapat pelayanan kesehatan, akan tetap dilayani, tapi tidak di puskesmas purwaharja 1.

“Untuk pelayanan covid-19 masih bisa, tapi tidak dilakukan di puskesmas, bisa di luar puskesmas. Kemudian pelayanan kesehatan umum sementara dialihkan ke Puskesmas Purwaharja 2,” kata Nana melalui sambungan telepon.

(Cecep Herdi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.