Tim Penanganan Corona Kota Tasik Bangun 2 Tenda Besar Depan RSUD, Ini Tujuannya..

286
0

KOTA TASIK – Guna antisipasi penyebaran, tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tasik mendirikan 2 tenda besar di halaman parkir RSUD.

Direktur RSUD dr Soekarjdo, Wasisto mengatakan, berdirinya 2 tenda ini merupakan langkah pemisahan pasien corona dan bukan corona.

Karena kunjungan pasien ke RSUD ini semakin banyak. Jadi, pihaknya akan melakukan penyaringan awal di tenda ini, jika ada pasien yang hendak masuk ke perawatan RSUD.

Tenda ini didirikan para petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya dan Kodim 0612/Tasikmalaya.

“Jadi kita lakukan nanti screening pasien atau penyaringan pertama di tenda ini,” ujarnya kepada radartasikmalaya.com.

Terang dia, dengan screening ini menjadikan pasien itu lebih jelas dan tak bercampur dengan pasien penyakit lain.

Loading...

Apalagi, ini juga untuk mengatisipasi penyebaran corona.

“Jadi pasien sebelum masuk ke RSUD, di tenda ini kita screening. Kalau pasien itu setelah diperiksa bukan Orang Dalam Pemantauan (ODP) atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP), maka langsung dipersilahkan masuk ke IGD,” terangnya.

“Namun, jika di screening ini pasien itu terindikasi ODP ataupun PDP, maka langsung kita masukkan ke ruang isolasi Covid-19. Sehingga, kita antisipasi dari awal di tenda itu dan tak bercampur dengan pasien penyakit lainnya,” sambungnya.

Biasanya, kata dia, semua pasien yang datang langsung masuk ke RSUD.

“Nah saat ini berbahaya bagi petugas medis kita yang sehari-hari. Jadi nanti kalau ada yang sakit, keluarganya kita undang dulu riwayatnya apa dan bagaimana sekarang kondisinya,” tukasnya.

Jika sakitnya penyakit biasa, maka langsung masuk ke IGD. Tapi jika pasien ini mengarah kepada ODP atau PDP Corona walaupun belum positif maka dimasukkan ke ruang isolasi.

“Jadi jangan sampai semua pasien masuk ke IGD tak disaring dulu. Lalu petugas yang merawatnya menjadi korban. Saya tak mau seperti itu. Makanya kita harus tetap menjaga tim kita juga agar tetap sehat dan optimal melayani pasien,” jelasnya.

(rezza rizaldi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.