Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3%

19.8%

7.3%

69.9%

Tim Saber Pungli Kota Banjar Tangani 10 Kasus

182
0
RAMAH. Ketua Pelaksana UPP Saber Pungli Kota Banjar Kompol Drs Ade Najmulloh saat diwawancarai kemarin. Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya
RAMAH. Ketua Pelaksana UPP Saber Pungli Kota Banjar Kompol Drs Ade Najmulloh saat diwawancarai kemarin. Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya

BANJAR – Tim Saber Pungli Kota Banjar sudah menangani sebanyak 10 kasus pungutan liar (pungli) hingga akhir bulan ini. Hal itu diungkapkan Ketua Pelaksana UPP Saber Pungli Kota Banjar Kompol Drs Ade Najmulloh.

Menurut dia, kasus tersebut sudah diselesaikan sesuai prosedur. Namun ada juga yang diserahkan ke Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP).

“Namun ada juga yang diselesaikan secara mekanisme yustisi, karena kasusnya tidak terlalu besar,” ujar dia kepada wartawan saat ditemui di Setda Kota Banjar Selasa (28/7).

Baca Juga : Tak Punya HP, Siswa SDN 1 Kota Banjar Datang Langsung ke Sekolah

Diakuinya, sebenarnya kasus pungli ada banyak, seperti ada oknum yang datang ke sekolah-sekolah dengan dalih meminta sumbangan atau mengungkit dana BOS, lalu meminta sejumlah uang dan lainnya. Namun setelah tim turun ke lapangan, mereka tidak kembali lagi. Kabur.

“Masyarakat atau siapa pun yang mengetahui adanya praktik pungli harap segera lapor ke tim Sabar Pungli. Akan segera ditindaklanjuti, agar masyarakat atau siapa pun tidak menjadi korban,” tuturnya.

Wakapolres Banjar ini mengaku lebih mengedepankan pencegahan agar pungli tidak terjadi. “Intinya bagaimana praktik pungli di Kota Banjar bisa dicegah. Seperti kasus yang terbaru, pungutan sumbangan tidak jelas oleh oknum LSM dan kita sedang melakukan penyelidikan hal itu,” jelasnya.

Baca Juga : KPK Temukan Ada Fee Proyek & Rekening Misterius Milik Pejabat Kota Banjar

Sementara itu, dia menegaskan LSM tersebut tidak terdaftar di pemerintah pusat maupun daerah. Pihaknya mengkroscek langsung ke Kesbangpol Kota Banjar, memastikan legalitas organisasi yang oknumnya memungut uang ke toko sepanjang jalan protokol dan para pedagang di Pasar Banjar.

“Kita sudah mengecek legalitasnya dan memang tidak terdaftar di Kesbangpol Kota Banjar. Begitu juga di pemerintah pusatnya itu tidak ada,” kata dia.

Ia menegaskan bagi LSM yang telah terdaftar dan memiliki izin, sah-sah saja melakukan pungutan atau pengumpulan sumbangan, asal ada izin dari pemerintah daerah dan polisi. Selain itu, sumbangan juga tujuannya harus jelas output-nya untuk apa dan harus bisa dipertanggungjawabkan melalui sistem audit.

Diberitakan sebelumnya, pelaksana UPP Saber Pungli Kota Banjar Kompol Drs Ade Najmuloh mengaku tengah memburu dua oknum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Diduga keduanya telah melakukan praktik pungkutan liar ke sejumlah pertokoan dan para pedagang di Pasar Banjar (nto/cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.