Timbulkan DBD dan Gangguan Pernapasan

43
0
BANK SAMPAH. Warga Dusun Tagog menghindari buang sampah sembarangan dengan menjualnya ke bank sampah Minggu (3/2).RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA

SEKRETARIS Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya dr Faisal Soeparyanto mengatakan sampah yang dibuang sembarangan bisa berdampak tidak baik terhadap kesehatan. Mulai dari penyakit diare, inspeksi saluran pernapasan akut (ISPA) hingga demam berdarah dengue (DBD) yang mengakibatkan kematian.

“Kalau musim hujan banyak sampah yang dibuang sembarangan dapat banyak menimbulkan penyakit. Dan risiko masyarakat terkena penyakit pun akan semakin tinggi,” katanya kepada Radar, Minggu (3/2).

Menurutnya, kondisi sampah yang basah akan mempercepat perkembangan virus dan bakteri. “DBD bisa dipicu akibat banyak air yang menggenang, salah satunya pada sampah yang dibuang sembarangan. Kemudian diare juga akibat banyaknya air melimpah tapi kualitasnya buruk dan terkontaminasi bisa dengan sampah,” ungkapnya.

Kata dia, sudah bisa dipastikan buang sampah sembarangan akan berdampak timbulnya berbagai macam penyakit. Maka dari itu, untuk terciptanya kesehatan, masyarakat harus membuang sampah pada tempatnya. Sehingga bisa dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah dan tak menimbulkan penyakit. “Jangan sampai sampah dibuang sembarangan. Apalagi ke sungai dan menimbulkan genangan air yang mengakibatkan berkembang biaknya jentik nyamuk penyebab DBD,” paparnya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.