Timnas Bisa Lebih “Sakti”

13

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

JAKARTA – PSSI resmi menunjuk Bima Sakti, sebagai pelatih timnas senior. Minim pengalaman dan jam terbang, reputasi timnas di Piala AFF 2018 benar-benar dipertaruhkan. Luis Milla resmi mundur dari kursi kepelatihan timnas. Posisinya diganti oleh asistennya Bima Sakti.

Berdasarkan surat keputusan Komite Eksekutif PSSI, Bima Sakti resmi ditugaskan sebagai pelatih kepala tim nasional senior Indonesia. Bima Sakti akan menjalankan tugas pertama pada ajang Piala AFF 2018 yang berlangsung pada 8 November-19 Desember mendatang. “Selamat bertugas untuk Pelatih Bima Sakti dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada pelatih Luis Milla atas dedikasi dan kerja samanya selama satu setengah tahun,” ujar Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono di Jakarta, pada keterangan persnya, Minggu (21/10).

Bima memang aktif mendampingi Milla dalam menyusun skuat kerangka timnas. Baik itu di level senior maupun dalam memilih pasukan U-23 di SEA Games 2017 dan Asian Games 2018. Akan tetapi, mental Bima sebagai pelatih kepala belum teruji. Mantan pemain PSM Makassar itu, belum pernah menjadi pelatih kepala pada ajang resmi. Begitupun di level klub, nama Bima tak setenar Rahmad Darmawan maupun Aji Santoso. Akan tetapi, PSSI punya pandangan lain. Menurut Djoko, kedekatan Bima dan Milla dalam membangun skuat timnas menjadi modal bagus sebelum berlaga di Piala AFF. Kapasitas dan kemampuan menyusun taktik sisa diasah pada beberapa ajang uji coba. “Ini menjadi momentum PSSI dan arahan Ketua Umum yang mempercayakan pelatih Timnas Indonesia kepada sosok pelatih muda,” jelas Joko.

Sementara itu, Bima Sakti mengaku siap dan bangga dirinya ditunjuk sebagai pelatih timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Ia mengaku tugas ini tidaklah mudah. Namun, ia optimis karena dirinya sebelumnya dirinya sebagai asisten pelatih Luis Milla dan sudah berada di Timnas sejak 2017.

“Terima kasih kepada PSSI yang telah memberikan kepercayaan kepada saya sebagai pelatih Timnas Indonesia. Awal November mendatang kami akan kembali melakukan pemusatan latihan jelang berlaga di Piala AFF 2018. Kami tim pelatih dengan pemain sudah melakoni latihan sejak lama dan saling mengenal baik. Jadi kami optimis meraih prestasi di ajang tersebut,” kata Bima.

Sebelumnya, Bima sudah mengambil peran Milla pada beberapa laga uji coba. Di antaranya saat timnas ditahan imbang oleh Hong Kong 1-1 di Stadion Gelora Bung Karno beberapa waktu lalu. Adapun Indonesia pada Piala AFF 2018 akan melakoni laga perdana melawan tuan rumah Singapura pada 9 November mendatang. Selain bersama Singapura, skuat Garuda akan bersaing dengan Timor Leste, Thailand, dan Filipina yang semuanya tergabung di grup A.(rdi/fin)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.