Timses Jokowi Minta Dilibatkan Bahas Format Debat Capres, Penting Gak Sih?

46

JAKARTA – KPU (Komisi Pemilihan Umum) belum memutuskan fotmat debat capres – cawapres yang dimulai Januari mendatang. Kondisi itu dimanfaatkan tim sukses pasangan calon untuk meminta dilibatkan dalam pembahasan.

Jubir Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN KIK) Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan Syadzily, mengatakan, banyak hal yang perlu dibicarakan KPU dengan tim sukses. Misalnya, teknis pelaksanaan debat, pemilihan moderator, panelis, dan tema yang diusung tiap sesi.

“Jadi, KPU tidak menentukan sendiri mekanisme acara yang akan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi nasional itu,” tutur dia.

Pihaknya juga tidak mempersoalkan lokasi debat yang rencananya di Jakarta dan Surabaya. Yang lebih penting, kegiatan itu bisa disiarkan secara luas oleh lembaga penyiaran sehingga masyarakat bisa memahami visi, misi, dan program capres-cawapres.

“Kami menunggu pembahasan dengan KPU. Lebih cepat, lebih bagus,” terangnya.

Sementara itu. anggota BPN Prabowo-Sandi, Ahmad Riza Patria, juga sepakat pembahasan teknis debat pilpres melibatkan tim sukses paslon. Dia mencontohkan pemilihan moderator.

Riza meminta sosok yang dipilih benar-benar memiliki kapasitas dan kualitas yang mumpuni.

“Tentunya yang penting adalah netral,” katanya.

Riza meminta sosok calon moderator yang dipilih KPU juga diketahui tim sukses masing-masing paslon. Selanjutnya, nama-nama itu didiskusikan bersama.

“Pilih banyak nama. Nanti kami setuju mana, menolak mana, demikian dengan pasangan sebelah,” kata wakil ketua Komisi II DPR itu.

Terkait dengan usul KPU mengadakan debat tidak hanya di Jakarta, Riza menilai hal itu memerlukan kajian mendalam. Menurut Riza, lokasi debat di wilayah Jakarta adalah pilihan terbaik saat ini.

“Jangan sampai saat debat dibawa ke daerah, ada pengerahan massa. Lokasinya juga harus betul-betul netral,” ujarnya mengingatkan.

Dalam hal materi debat, Riza menyerahkan sepenuhnya hal itu kepada KPU. Riza hanya berharap materi debat KPU bisa lebih baik daripada debat pilpres sebelumnya.

“KPU bisa melakukan evaluasi dari proses debat yang pernah dilakukan,” tandasnya.

(lum/bay/c19/fat)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.