Beri Uang Rp 4 Juta, Diduga untuk Money Politics

Timses Laporkan Calegnya Sendiri

840
MONEY POLITICS. Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran Iwan Yudiawan (memegang uang) menunjukkan barang bukti dugaan money politics di Kecamatan Cimerak Rabu (17/4). Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya

CIMERAK – Dugaan money politics kembali terjadi di Kabupaten Pangandaran. Kali ini di daerah pemilihan 4 meliputi Cijulang dan Cimerak. Uang sejumlah Rp 4 juta dan dua pack amplop dijadikan barang bukti.

Ketua Pengawas Kecamatan (Panwascam) Cimerak Herdis mengatakan pihaknya menerima informasi awal akan ada bagi-bagi amplop di salah satu TPS di Kecamatan Cimerak. Ia pun langsung mengerahkan anggotanya menelusuri kebenaran tersebut.

”Dari hasil penelusuran itu, ternyata memang ada yang akan membagikan uang di TPS tersebut. Saat dikonfirmasi, dia mengaku uang tersebut sengaja belum dibagikan untuk bahan laporan ke Panwascam dan tadi pagi dia (kemarin) langsung membuat pelaporan ke kami” jelasnya kepada Radar, Rabu (17/4).

Menurut Herdis, orang tersebut berinisial UC (26), merupakan koordinator desa (Kordes) salah satu timses caleg tingkat kabupaten. ”Dia mengaku tidak suka dengan praktek money politics yang dilakukan oleh calegnya, sehingga ia berinisiatif untuk melaporkanya ke Bawaslu,” jelasnya.

Dari pengakuan UC, uang tersebut diterima dari AC sejak beberapa hari lalu. ”Total uang Rp 4 juta, dengan pecahan Rp 100 ribu. Kemudian dia (pelapor,Red) juga menyerahkan dua buah pack amplop tadi pagi,” terangnya.

Pihaknya langsung berkoordinasi dengan Sentra Gakkumdu Pangandaran, terkait adanya laporan dugaan money politics dari salah satu timses caleg. ”Si pelapor ini adalah koordinator desa (kordes) di timses caleg tersebut,” ujarnya.

Untuk melindungi pelapor, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan kepolisian. ”Demi keamanan dan kenyamanan si pelapor, kami akan terus berkoordinasi,” katanya.

Menurut pengkauan UC, dirinya memang diperintahkan untuk membagi-bagikan uang tersebut kepada masyarakat. ”Tapi saya merasa tidak setuju, akhirnya saya melaporkan hal ini (ke Panwascam),” katanya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran Iwan Yudiawan mengatakan total ada empat temuan dugaan dan satu laporan dugaan money politics di Pangandaran. ”Empat temuan di Padaherang dan satu laporan di Kecamatan Cimerak,” ujarnya.

Empat temuan tersebut, kata Iwan, sudah dalam kajian dan beberapa diantaranya sudah masuk pembahasan tahap satu di Sentra Gakkumdu. (den)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.