Tingkatkan Akses Air Bersih di Pedesaan

143
0
KERJA SAMA. Wakil Direktur Bisnis Tarekat Idrisiyyah Ustad Ahmad Tazzaka Bonanza (kiri) dan Senior Program Manager Water.org Aldi Suryaningrat (kanan) menyerahkan berkas kerja sama, Rabu (10/7). RADIKA ROBI RAMANI / RADAR TASIKMALAYA
Loading...

CISAYONG – Pondok Pesantren Idrisiyyah melalui koperasi Baitul Ma’al Wa Tamlil (BMT) bekerja sama dengan Water.org membangun saluran air bersih dan sanitasi bagi seribu keluarga di Desa Indrajaya Kecamatan Sukaratu, Rabu (10/7).

Wakil Direktur Bisnis Tarekat Idrisiyah sekaligus Ketua Kopontren Fathiyyah Idrisiyyah Ustad Ahmad Tazzaka Bonanza mengatakan, pihaknya mendapatkan dukungan dari Water.org yang fokus dalam pengembangan potensi sumber mata air dan sanitasi yang berhasil memfasilitasi seribu keluarga di Desa Indrajaya Kecamatan Sukaratu.

“Program saluran air bersih dan sanitasi di Desa Indrajaya itu bukan bantuan, melainkan pinjaman yang diberikan berupa barang. Kemudian warga dapat membayar pinjaman itu dengan cara dicicil,” ujarnya kepada wartawan di Gedung Aula Idrisiyyah, Rabu (10/7).

Ahmad menjelaskan, BMT sendiri memulai usaha simpan pinjam berbasis syariah dengan kepedulian pada pembiayaan mikro. Dengan demikian bisa memberikan dampak sosial yang baik bagi para anggotanya.

Kemudian, kata dia, ada Water.org memperkenalkan program water credit yang dinilai sangat tepat dengan visi dan misi BMT guna meningkatkan kualitas hidup dan kemaslahatan umat. “BMT juga memperkenalkan program dengan memperbaiki sanitasi rumah tangga, toilet, dapur, hingga kamar mandi,” katanya, menjelaskan.

Lanjut dia, dalam program ini pihaknya menyasar ibu rumah tangga. Sedangkan untuk wilayahnya meliputi delapan desa di Kecamatan Cisayong dan Sukaratu yang selama ini mengalami kesulitan mendapatkan akses air bersih. Apalagi ketika memasuki musim kemarau.

“Kami sudah melakukan survei dan memang hampir 1.000 masyarakat di desa tersebut mengalami kurangnya akses air bersih yang berdampak pada buruknya sanitasi,” katanya.

Loading...

Senior Program Manager Water.org Aldi Suryaningrat mengatakan, pihaknya merupakan lembaga non pemerintah yang memfokuskan diri untuk peningkatan akses air, sanitasi dan kebersihan melalui kerja sama dengan lembaga keuangan mikro.

“Diharapkan mitra lembaga keuangan ini bisa mengembangkan produk baru dengan skema pembiayaan yang mudah dan terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Sehingga bisa memberikan masyarakat harapan hidup yang lebih baik, terutama bagi perempuan, kesehatan anak-anak dan masa depan mereka sebagai keluarga,” ujarnya.

Aldi menjelaskan, solusi yang ditawarkan Water.org untuk mengatasi kurangnya akses air bersih dan sanitasi di kalangan masyarakat berpenghasilan rendah adalah program water credit. Di mana water credit merupakan solusi inovatif untuk membantu mengatasi krisis air global dengan mengembangkan program WASH yang bisa diterapkan lembaga keuangan mikro mitra Water.org.

“Water.org memberikan pendampingan dalam penguatan kapasitas internal terkait sektor air dan sanitasi kepada para mitra serta memfasilitasi mereka agar bisa berjejaring dengan stakeholder WASH,” ujar, menjelaskan.

Yayuk, salah satu warga Desa Indrajaya Kecamatan Sukaratu mengaku berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantunya dan warga lainnya dalam menerima air bersih. “Terima kasih kepada semua yang telah membantu untuk mendapatkan akses air bersih,” katanya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.