Tingkatkan Budaya Riset Dosen

24
0
SAMBUTAN. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unper Tasikmalaya Prof Dr Dedi Heryadi MPd memberikan sambutan pada Seminar Hasil Penelitian Dosen Pemula (PDP) Hibah Kemenristekdikti di Aula Unper Tasikmalaya Rabu (11/12). FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Universitas Perjuangan (Unper) Tasikmalaya menjadi Co-Host dalam pelaksanaan Seminar Hasil Penelitian Dosen Pemula (PDP) Hibah Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) di Aula Unper Tasikmalaya Rabu (11/12). Kegiatan ini diikuti 126 dosen dari 11 perguruan tinggi swasta (PTS).

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) Unper Tasikmalaya Dr Eming Sudiana MSi mengatakan perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di samping melaksanakan pendidikan.

Oleh karenanya, Eming menyebutkan, sebanyak 11 PTS Se Priangan Timur mengikuti seminar penelitian dosen pemula hibah dari Kemenristekdikti. Kegiatan ini memberikan kesempatan para dosen pemula untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian.

“Ada 126 orang yang lolos dalam PDP hibah dari Kemenristekdikti, mereka berasal dari 11 PTS di Banjar, Ciamis dan Tasikmalaya,” kata dia kepada Radar, Rabu (11/12).

Tambah Eming, program penelitian ini bisa meningkatkan budaya meneliti di kalangan para dosen. Di sisi lain, dosen pun memiliki karya ilmiah sebagai bahan ajar.

“Diharapkan dengan adanya budaya meneliti ini, ketika para dosen mengajar bisa menyampaikan hasil penelitiannya,” ujarnya.

Sementara itu, pada PDP hibah ini, dosen Unper yang berhasil lulus sebanyak 47 dosen. Sebab Unper memiliki strategi pendampingan dalam melatih dosen secara berkesinambungan untuk menyusun proposal penelitian yang lebih bagus lagi.

“Hasil penelitian ini, 90 persen sudah dipublikasikan di jurnal yang sudah terindeks SINTA Ristekdikti,” katanya.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unper Tasikmalaya Prof Dr Dedi Heryadi MPd menjelaskan pemerintah sudah memberikan perhatiannya pada perguruan tinggi swasta dengan membuat program penelitian dosen pemula untuk meningkatkan kualitas dosen.

“Dengan diselenggarakan PDP hibah ini bisa bermanfaat dalam mendorong dan meningkatkan kualitas dosen dalam hal penelitian,” katanya. Ia menjelaskan, tugas dosen, selain melakukan pendidikan atau pembelajaran juga melaksanakan penelitian keilmuan. “Jadi untuk tugas dosen sesuai porsinya yakni 50 persen pendidikan, 25 persen penelitian dan 25 persen pengabdian masyarakat,” ujarnya. Penelitian ini, kata ia, untuk meningkatkan inovasi dalam bidang keilmuan juga untuk mengembangkan karier.

Koordinator Reviewers DPD Hibah Kemenristekdikti Dr Palti Marultau Sitorus mengatakan, tujuan dari penelitian dosen pemula ini untuk mengarahkan dan membina kemampuan meneliti dosen pemula. Selain itu sebagai sarana latihan dosen pemula.

“Dalam masa penelitian walaupun tertulis satu tahun biasanya dosen pemula bisa menyelesaikannya kurang lebih 7 bulan. Saya ingin penelitian yang dibuat dosen pemula ini bisa meningkatkan ke skim (tema penelitian, Red) yang lebih bagus. Selain itu diharapkan ada peningkatan kualitas penelitiannya,” ujarnya. (riz)

loading...
Halaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.