Tingkatkan Cinta Lingkungan

244
0
Ilustrasi Guru

TASIK – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Sindangpalay, Indihiang, Kota Tasikmalaya menerapkan program sekolah Adiwiyata di tahun ajaran 2017/2018. Mereka ingin mewujudkan sekolah nyaman dan warganya mencintai lingkungan.
Kepala SDN 2 Sindangpalay Kota Tasikmalaya Hj O Widianingsih SPd menjelaskan sekolahnya pada 10 Oktober 2017 mendapatkan komentar positif dari tim penilai program sekolah Adiwiyata. ”Alhamdulillah meskipun hasilnya belum ada, kita terus optimalkan segala sesuatu yang dirasa masih kurang,” ungkapnya kemarin (19/10).
Menurut Hj O Widianingsih, sekolah Adiwiyata juga bisa membuat warga sekolahnya peduli terhadap alam. Mereka berbuat baik untuk lingkungan hidup. Salah satu bentuknya, mengembangkan program pengelolaan sampah dengan konsep 3R. Yakni, Reduse, Reuse dan Recycle.
Reduse merupakan salah satu cara untuk mengurangi sampah. Siswa diwajibkan memiliki mangkok yang digunakan untuk tempat jajanan dan lap tangan. Dengan demikian, mereka setelah mencuci tangan tidak memakai tisu. ”Untuk reuse dan recycle kami memanfaatkan barang-barang bekas menjadi barang yang bermanfaat, seperti dari botol bekas minuman kita buat pot dan lainnya,” terangnya.
Siswa juga dibiasakan memilah sampah organik dan nonorganik. Khusus untuk sampah organik, kata dia, dibuat pupuk kompos. Pembuatan pupuk kompos dilaksanakan siswa dengan bimbingan guru.
”Untuk mencapai tujuan berbudaya lingkungan dan berkarakter ini kita juga ada pembiasaan yang sudah lama dijalankan, diantaranya salat duha berjamaah setiap hari jumat, salat Dzuhur berjamaah, gosok gigi bersama, bersih-bersih lingkungan sekolah bersama (jumsih) dan lainnya,” ungkapnya.
Hj O Widianingsih berharap dengan terwujudnya sekolah yang nyaman dan hijau membuat semangat siswanya belajar meningkat. Siswa pun terbiasa menjaga lingkungan di sekolah, rumah dan di lingkungan masyarakat. (ais)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.