Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

19
0
JALAN SEHAT. Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman membuka Jalan Sehat Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Bale Kota, Minggu (24/11). Ujang nandar / radar tasikmalaya

BUNGURSARI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya menggelar jalan sehat di Halaman Bale Kota, Minggu (24/11). Jalan sehat itu dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun. Dalam acara tersebut ada berbagai hadiah yang disediakan panitia, mulai dari alat elektronik hingga sepeda. Hadiah utamanya sepeda motor.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Encu Darsiwa SKep Ners SSos MMKes menyatakan, jalan sehat itu salah satu rangkaian kegiatan memperingati HKN. Sebelumnya sudah dilaksanakan berbagai kegiatan sejak awal November. Seperti olahraga, seminar, lomba penyuluhan hidup sehat.

“Untuk puncak acaranya besok (hari ini) dengan memberikan hadiah bagi kelompok dan orang-orang yang memang berprestasi di bidang kesehatan,” kata dia.

Di HKN ke-55 tahun, Dinas Kesehatan mengangkat tema “Masyarakat Sehat, Indonesia Maju”. Langkahnya menitik beratkan pada penurunan angka kematian ibu dan bayi, menurunkan angka stunting, menerapkan budaya hidup sehat dan bersih dengan terus membudayakan ODF atau bebas buang air besar sembarangan menuju sanitasi aman.

“Jadi pada dasarnya kita ingin masyarakat itu memiliki perilaku hidup bersih dan sehat meningkat,” ujar dia.

Untuk angka kematian ibu dan bayi serta stunting Kota Tasikmalaya sudah rendah atau berada di area aman bila dibandingkan dengan target nasional. “Tetapi kita bagaimanapun tetap melakukan penekanan itu dengan melaksanakan upaya-upaya strategis,” kata Encu.

Dengan begitu, Encu mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Tasikmalaya melaksanakan hidup bersih dan sehat. Karena bila hidup sehat dan bersih itu sudah dilaksanakan akan terhindar dari kematian ibu dan bayi, stunting serta ODF.

“Saya yakin dengan pola hidup bersih dan sehat ini dilaksanakan derajat kesehatan di Kota Tasikmalaya akan terus meningkat,” tuturnya.

Ke depannya, fokus itu harus menjadi perhatian semua sektor baik yang ada di pemerintahan atau pengusaha. Karena tanpa dukungan semua pihak yang menjadi fokus utama itu tidak akan terealisasi.

“Persoalan kesehatan ini tidak hanya tanggung jawab Dinas Kesehatan saja melainkan semua unsur, baik pemerintah, masyarakat dan pengusaha,” katanya. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.