Tingkatkan Gairah Membaca Warga

132
0
MEMBACA. Anak-anak memadati Taman Baca Galuh Tabayun. Kegiatan itu dilaksanakan jelang berbuka puasa.
Loading...

CIAMIS – Forum Mahasiswa dan Pemuda Galuh Tabayun (Formagat) Ciamis membuka stand Taman Baca Galuh Tabayun di samping Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Taman baca tersebut dibuatkan bagi para pelajar yang suka membaca.

Ketua Formagat Ciamis Ade Ainul Yakin mengatakan momen puasa identik dengan istilah ngabuburit saat menunggu adzan magrib. Nah, stand baca sengaja dibuka sebagai salah satu cara mengisi waktu di bulan Ramadan.

“Di sini ngabuburit sambil membaca. Jadi bisa tambah ilmu juga, daripada melakukan hal yang tidak bermanfaat,” ujarnya Rabu (23/5).

Kegiatan yang telah diselenggarakan selama tiga hari itu direncanakan akan berlangsung selama 25 hari. Beragam buku disediakan di stand ini, mulai dari buku-buku umum, peternakan, perikanan, pertanian, anak-anak, novel dan lain-lain.

“Para pengunjung yang datang dari berbagai kalangan. Saya lihat pengunjungnya sehari-hari lebih banyak anak-anak,” katanya.

Loading...

Ade menambahkan kegiatan ngabuburit rasa literasi ini diisi juga beberapa program, seperti gerakan membaca gratis, game dan konseling gratis untuk para orang tua terkait pola asuh anak.

“Kegiatan seperti ini salah satu bentuk upaya meningkatkan minat baca. Karena minat baca masyarakat masih belum terlalu tinggi,” ungkapnya.

Salah satu orang tua Tati Juliarti (46) menuturkan kegiatan tersebut cukup bagus untuk menumbuhkembangkan minat baca anak.

“Dan merangsang ketertarikan dan kesadaran anak-anak untuk mengenal buku,” ungkapnya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.