Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

1.1%

88.5%

3.1%

0.3%

5.9%

0%

1%

0%
Guru Mesti Melek Teknologi

Tingkatkan Kinerja, KKG Tamansari Direvitalisasi

21
0
SEMANGAT. Pengurus Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya foto bersama usai Talk Show Bincang Radar di Studio Radar TV Rabu (13/11). Pihaknya berupaya meningkatkan kompetensi guru di era digital. FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Forum Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya berupaya meningkatkan kom­pe­tensi guru dalam proses pem­belajaran.

Ketua KKG Jalari Resha Hadi Sucipto mengatakan tugas guru tidak hanya mengajar, melainkan juga mendidik, melatih, meng­evaluasi dan membimbing sis­wa­nya agar mendapatkan pendidikan Abad 21.

Jadi, tambahnya, guru dapat memberikan peluang pada siswa untuk memperoleh proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Dengan begitu diharapkan prestasi belajar siswa meningkat.

“Jadi peran KKG untuk mengadakan pertemuan rutin antar guru dalam ben­tuk bimbingan, seminar atau pendidikan dan latihan. Tujuan­nya meningkatkan profesionalitas guru dan peningkatan kompetensi dalam mengajar,” kata dia saat Talk Show Bincang Radar di Studio Radar TV Rabu (13/11).

Ke depannya KKG juga jadi wadah peningkatan kualitas proses pembuatan jurnal bagi guru. “KKG sebagai pusat kegiatan guru baik yang terencana maupun insidentil,” ujarnya.

Selain itu, tambahnya, sebagai eksistensinya KKG mesti mempunyai tiga ber yaitu berdata, berdana dan berdaya. “Berdata itu mempunyai data administrasi, terdapat sekretariat dan kepengurusan,” katanya.

Berdana, artinya kegiatan KKG bisa berjalan dengan adanya dana yang diambil dari swadana guru, pemerintah daerah atau nasional, ataupun dari dana corporate social responsibility (CSR) untuk pendidikan. Ber yang terakhir, sambungnya, berdaya. Artinya memiliki daya dalam menjalankan visi bersama meningkatkan kemajuan sekolah ataupun KKG.

Ketua KKG Sutanagara Uden Suherlan mengatakan, setelah direvitalisasi, forum KKG ini akan menjadi lebih baik sebagai wadah dalam meningkatkan kualitas guru. Manfaatnya, kata ia, guru bisa bekerja sama dan komunikasi dalam mencapai tujuan bersama. “Tujuan revitalisasi KKG ini adalah semangat baru bagi guru di era digital,” katanya.

Ketua KKG Prabujaya Pertika Aceng Ilyas mengatakan, di era digital ini, KKG berusaha mengembangkan kegiatan belajar mengajar berbasis teknologi informasi. “Guru-guru didorong untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi,” ujarnya.

Ketua KKG Letjen H Mashudi Tamansari Ripki Aprian mendorong guru untuk melek teknologi. “Kurikulum 2013 mengharuskan adanya pembelajaran berbasis digital sehingga guru mesti melek teknologi, kalau tidak akan menghambat proses pembelajaran dan penilaian,” ujarnya. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.