Tingkatkan Kualitas SDM Pariwisata

19
0
Helmi Budiman

GARUT KOTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut akan terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pada sektor pariwisata. Hal itu dilakukan untuk mendongkrak kunjungan wisatawan dan menumbuhkan perekonomian masyarakat.

“Perlu upaya meningkatkan kualitas SDM pariwisata, salah satunya dengan menumbuhkan masyarakat sadar wisata,” kata Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman kepada wartawan Selasa (17/12). Ia menuturkan Kabupaten Garut memiliki potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi, sehingga perlu upaya penataan tempat maupun SDM-nya agar wisatawan merasa nyaman.

Potensi wisata yang perlu dikembangkan, kata dia, salah satunya desa wisata yang memiliki berbagai keunikannnya masing-masing, namun potensi itu perlu didukung juga dengan kualitas SDM-nya. “Kabupaten Garut ini di desanya saja sudah bagus, tinggal kita poles dan masyarakatnya sadar wisata,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut Budi Gan Gan mengaku terus berupaya membenahi kawasan wisata termasuk masyarakatnya agar memiliki daya tarik dan memberikan kenyamanan bagi wisatawan. Ia berharap masyarakat yang daerahnya memiliki potensi wisata untuk ikut bersama-sama mengembangkan wisata tersebut, salah satunya selalu menjaga keramahan sebagai wujud bahwa masyarakatnya sudah sadar wisata. “Masyarakat memang harus sadar wisata dengan menunjukan keramahan agar wisatawan merasa nyaman saat berwisata,” katanya.

Ia menambahkan Kabupaten Garut saat ini memiliki banyak potensi wisata, terutama desa wisata dengan menawarkan berbagai keunikan, khususnya tentang kebudayaan dan kerarifan lokal masyarakat setempat. Selain itu, ada banyak destinasi wisata lain yang murah dan mudah aksesnya untuk dikunjungi seperti Taman Satwa Cikembulan, Situ Cangkuang, Bagendit, Gunung Papandayan, pantai dan Cipanas Garut. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.