Tingkatkan Literasi melalui Kotak Literasi Cerdas (Kolecer)

308
1
MEMBACA. Pengunjung Taman Kota Tasikmalaya membaca buku yang disediakan kotak literasi cerdas (kolecer), Minggu (19/5).
Loading...

TASIK – Taman Kota Tasikmalaya menghadirkan kotak literasi cerdas (kolecer). Hal itu dilakukan sebagai bentuk upaya peningkatan minat baca masyarakat, khususnya generasi muda.

Pengelola Kolecer Kota Tasikmalaya, Sinta Dewi Vaira mengatakan fasilitas yang hadir cukup lengkap. Mulai dari buku bacaan berbagai jenis, permainan dan alat musik. Sehingga, para pengunjung Taman Kota Tasikmalaya bisa memanfaatkannya, dampaknya minat baca bisa meningkat. “Program ini digagas langsung oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil, yang tujuannya meningkatkan minat baca masyarakat dengan kemudahan akses informasi dan tempat baca alternatif,” paparnya kepada Radar, Minggu (19/5).

Lanjut dia, kolecer menjadi wadah yang inovatif. Sehingga tidak hanya bisa digunakan membaca dan tulis saja dengan menyediakan 82 jenis buku. Melainkan ada beberapa alat yang bisa digunakan untuk mendongeng, bermain dan dapat mewadahi anak-anak yang putus sekolah. “Dengan kolecer ini dapat mengajak anak-anak untuk belajar membaca bersama. Seperti anak-anak dari pedagang jalanan dan pemulung bisa menikmati layanan baca buku Tasik ini,” katanya.

Kata dia, antusias dari masyarakat cukup tinggi. Banyak anak-anak memanfaatkan fasilitas ini untuk belajar melalui buku yang disediakan. “Kolecer menjadi pendidikan non formal bagi yang putus sekolah. Ke depan akan menjangkau ke pelosok-pelosok untuk masyarakat menjadi cerdas,” paparnya.

Tempat yang sama, Ketua Sketsa Langit Kota Tasikmalaya, Wisnu mengatakan program ini sangat baik karena melibatkan komunitas dalam pengelolaannya. Sehingga muncul inovasi dan program yang menarik untuk meningkatkan giat literasi kepada anak usia dini. “Di sini anak-anak bisa belajar membaca dan mewarnai serta membuat cerita ber­gam­bar,” terangnya.

Akhiria Hadi­ningrum (20), mahasiswa Universitas Siliwangi menga­takan ini merupakan terobosan baru dalam mening­katkan literasi di Kota Tasik­ma­laya. “Ini menarik, fasilitas baca yang ditempat­kan di pusat keramaian seperti ta­man. Se­hingga ma­sya­ra­kat bisa me­man­faat­­kannya, apa­lagi kole­cer ini bu­kunya lu­mayan leng­kap untuk berbagai kalangan,” bebernya.(mg1)

loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.