Tingkatkan Mutu Pendidikan Di Kota Tasik

350
0
Siti Aisyah / Radar Tasikmalaya KOMPAK. Dari kiri ke kanan, Drs H Furqon Wahidin MPd, Jenal Muttakin SPd MPd, Hj Yuyun Siti Nurhaesih SPd MPd, H Eem Sulaiman SE SPd dan H Budi Rosa Karyana SPd MMPd usai mengisi live talk show Bincang Radar di Studio Radar TV Rabu (8/11).

TASIK – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Tasikmalaya bertekad terus meningkatkan kualitas pendidikan dan membantu program pemerintah melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 2018.
Ketua MKKS SMP Kota Tasikmalaya periode 2017/2019 Jenal Muttakin SPd MPd menuturkan komposisi kepengurusan saat ini, MKKS memiliki program dan target untuk menjadi forum yang mandiri, mampu mengembangkan inovasi di setiap sekolah masing-masing.
Pihaknya juga tengah mempersiapkan beberapa program. Diantaranya program sekolah model yang akan dilaksanakan pada 18 November 2017 dan ikut membantu dalam mendorong program dinas Pendidikan untuk penambahan jumlah pelaksana UNBK di SMP Tasikmalaya.
”Hal ini sesuai dengan peran kami yakni sebagai agen untuk men-support baik itu kegiatan yang diutamakan Dinas Pendidikan sebagai mitra atau dari dalam juga menjadi jembatan dalam penyampaian berbagai kebijakan yang ada. Kami juga membantu menyampaikan berbagai aspirasi yang disampaikan kepala sekolah, baik kepada MKKS ataupun kepada pemerintah,” ujarnya saat live talk show Bincang Radar Rabu (8/11).
Untuk sekolah model, tutur Jenal, ada empat SMP yang terpilih diantaranya SMPN 3 Tasikmalaya, SMPN 12, SMPN 13 dan SMPN 16.
Untuk membantu persiapan expo sekolah model tersebut Jenal bersama tim MKKS SMP akan memberikan dukungan materi maupun non materi, sehingga mampu menampilkan yang terbaik dan menjadi inspirasi untuk mendorong sekolah lainnya.
”Jadi program sekolah model ini akan terus berlanjut, dari empat sekolah yang di pilih ada sekolah imbas yang tidak hanya untuk sekolah negeri tapi juga swasta. Hal ini juga upaya kerja sama kita dalam peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di kota Tasikmalaya. Manfaat sekecil apapun akan terasa besar jika dilakukan secara bersama-sama, sehingga perlu adanya kerjasama dengan semua kepala sekolah,” ungkapnya.
Wakil Ketua MKKS SMP Kota Tasikmalaya Drs H Furqon Wahidin MPd juga mengatakan, peran MKKS dirasakan oleh semua sekolah, baik negeri ataupun swasta. Untuk sekolah swasta, MKKS membantu dalam peningkatan kualitas dan pengambangan sekolah swasta yang dari jumlah lebih banyak yakni 53 sekolah. Peran MKKS dalam menampung informasi dan masukan memberikan ide dan solusi untuk pengembangan sekolah, baik secara program, administrasi dan lainnya.
”Jadi MKKS ini untuk saling bertukar informasi, khusus swasta kita juga ada forum kepala swasta, di mana program yang tidak terkaper atau tertinggal bisa di antisipasi di forum swasta, namun tetap melakukan koordinasi dan komunikasi dengan MKKS sebagai induknya,” ujar Furqon.
Dia berharap peran MKKS bisa lebih maksimal, dengan dibangunnya kebersamaan, keterbukaan dan kerja sama, sehingga cita-cita untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dapat tercapai.
Perwakilan anggota MKKS SMP Kota Tasikmalaya Hj Yuyun Siti Nurhaesih SPd MPd mengatakan pendidikan bukan satu sistem yang berjalan sendiri sehingga dibutuhkan wadah untuk menampung aspirasi dan gagasan. Saling memberikan masukan dan motivasi, sehingga di MKKS yang pengurusnya tidak hanya sekolah negeri namun juga swasta bersama-sama koordinasi dengan tujuan yang sama yakni meningkatkan mutu pendidikan secara maksimal.
”Jadi MKKS ini menjadi salah satu fasilitas untuk peningkatan profesionalitas kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya. Saling gotong royong dan mendukung dalam setiap kegiatan dengan semangat kebersamaan,” ungkap Yuyun. (ais)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.