Tingkatkan PAD, Pemkab Pangandaran Buat Perda Tera Ulang Mandiri

68
0

PANGANDARAN – Pemerintah Kabupaten Pangandaran akan membuat Peraturan Daerah (Perda) Tera Ulang. Sehingga, bidang tersebut bisa menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD).

Selama ini proses tera ulang dilakukan oleh Metrologi Kota Tasikmalaya, karena Pangandaran belum memiliki payung hukum untuk penarikan retribusi.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Pangandaran Tedi Garnida mengatakan, sejauh ini untuk retribusi tera ulang timbangan belum ada payung hukum. Sehingga untuk retribusinya belum bisa terserap.

“Ya memang kita baru akan merancang perda tersebut. Karena memang aspek tera ulang timbangan ini sangat potensial dalam meningkatkan PAD Kabupaten Pangandaran ketika sudah bisa mengelolanya secara mandiri,” ujarnya kepada Radar, Rabu (23/9).

Baca juga : Segera Laporkan Jika Ada Anggota Bawaslu Pangandaran Memihak Paslon Bupati

Lanjut dia, selain menyiapkan payung hukum dalam penarikan retribusi dari aspek tera ulang. Sebelumnya, Pemkab Pangandaran sudah menyiapkan alat untuk tera, sehingga ketika payung hukum sudah dibentuk bisa langsung dilaksanakan dengan baik. “Termasuk SDM-nya pun sudah kita siapkan,” katanya.

Loading...

Menurutnya, tera ulang jelas sangat dianjurkan untuk para pedagang yang menggunakan timbangan atau takaran dalam aktivitas jual belinya.

Sehingga stabilitas dan keakuratan timbangan atau takaran tersebut tetap dipertahankan dengan baik, dampaknya pedagang dan penjual tidak ada yang dirugikan.

Maka dari itu, lanjut dia, pihaknya mengimbau kepada pedagang yang beraktivitas menggunakan timbangan atau takaran untuk melakukan tera ulang secara rutin. Sehingga kualitas timbangan dan takarannya tetap akurat dalam menunjang perdagangan yang sehat.

“Tera ulang ini setahun sekali. Jenis timbangan atau takaran yang wajib tera ulang yakni dacin, dacin logam, meja, elektronik, pegas, sentisimal dan bobot ingsut,” ujarnya, menjelaskan.

“Sistemnya, para petugas tera ulang keliling ke kantor kecamatan atau desa untuk memberikan pelayanan tera. Termasuk yang langsung ke pasar-pasar pun ada, sehingga semuanya tersentuh. Potensi yang akan ditera ulang ada sebanyak 3.800,” katanya. (den)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.